Penjelasan Mendag dan Jubir Jokowi Soal Bipang Ambawang Berlawanan

132
Presiden Jokowi (Foto: Setkab)

Jakarta, Muslim Obsession – Ajakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk membeli makanan tradisional khas nusantara dengan menyembut Bipang Ambawang yang viral di media sosial ditanggapi berbeda oleh orang dekat Jokowi.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, dalam konteks secara keseluruhan, pernyataan Presiden dalam video itu untuk mengajak masyarakat Indonesia mencintai dan membeli produk lokal.

Lutfi juga mengingatkan bahwa pada 13-14 Mei 2021 adalah libur Hari Raya Idulfitri dan 13 Mei 2021 juga adalah hari libur Kenaikan Yesus Kristus.
Sehingga, ada dua hari libur keagamaan yang dirayakan dalam waktu yang bersamaan.

Menurut Lutfi, pernyataan Presiden tersebut ditujukan kepada seluruh masyarakat Indonesia yang terdiri dari beragam suku, agama, dan budaya yang memiliki kekayaan kuliner nusantara dari berbagai daerah.

Setiap makanan memiliki kekhasan dan menjadi makanan favorit lokal. Bipang atau babi panggang khas Ambawang Kalimantan memang masakan nusantara sehingga tak perlu lag dipersoalkan.

“Jadi sekali lagi kuliner khas daerah yang disebut Bapak Presiden dalam video tersebut untuk mempromosikan kuliner nusantara yang memang sangat beragam. Tentu kuliner tersebut dikonsumsi, disukai, dan dicintai oleh berbagai kelompok masyarakat yang juga beragam,” jelas Lutfi dalam keterangan tertulisnya, Ahad (8/5/2021).

Sementara itu, Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman meluruskan maksud Jokowi dengan memberi penjelasan jika bipang yang dimaksud adalah jipang.

Jipang adalah kuliner khas daerah yang bisa dipesan secara daring saat Lebaran.
Penjelasan itu ditulis jubir pada Twitter pribadi @fadjroeL.

Fadjroel Rachman pun mengunggah tangkapan layar bipang yang dijual daring.

“Ini BIPANG atau JIPANG dari beras. Makanan kesukaan saya sejak kecil hingga sekarang. BIPANG atau JIPANG dari beras ini memang makanan hit sampai sekarang ya. Nuhun,” ujar Fadjroel.

Fadjroel memberi penjelasan tentang aneka makaa dengan nama Bipang atau Jipang atau Bepang. Oh yah, di Sulsel, juga terkenal Bipang atau fifang atau jipang makanan olahan dari nasi yang dikeringkan. (Al)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here