Pengidap Epilepsi Dilarang Nonton Film Star Wars Terbaru, Mengapa?

514

Tips nonton film bagi pengidap epilepsi

Epilepsy Foundation mengatakan bahwa lampu blitz kamera pada intensitas dan pola tertentu dapat memicu kejang pada sekitar 3 persen pengidap epilepsi. Lembaga tersebut juga mengatakan bahwa lampu yang menyala dari alarm kebakaran hingga layar komputer yang berkedip-kedip juga dapat memicu kejang pada orang yang peka terhadap cahaya.

Kendati begitu, pencinta Star Wars dengan epilepsi tetap dapat melakukan siasat untuk menonton seri terbaru dari film favorit dengan aman. Untuk hal ini, Epilepsy Foundation mengatakan bahwa pengidap epilepsi mesti terlebih dahulu meminta teman untuk menonton film Star Wars: The Rise of Skywalker. Jika sudah, ajak ia untuk kembali menyaksikan film tersebut bersama Anda di lain kesempatan.

Minta bantuan teman Anda yang sebelumnya telah menyaksikan film Star Wars: The Rise of Skywalker untuk memberikan peringatan jika akan terjadi adegan lampu berkedip secara intensif. Hal ini bisa membuat Anda, sebagai pengidap epilepsi fotosensitif, lebih waspada dan tidak melihat ke arah cahaya di layar saat adegan berlangsung.

Tidak hanya karena alasan tersebut, mengajak teman untuk menemani Anda menonton juga bertujuan sebagai tindakan pencegahan jika nantinya penyakit Anda kambuh. Teman bisa memberikan pertolongan pertama, sehingga kekambuhan gejala bisa segera teratasi.

Star Wars: The Rise of Skywalker menjadi salah satu film yang layak ditonton di akhir tahun ini. Namun, penderita epilepsi perlu lebih berhati-hati jika ingin menonton film Star Wars terbaru itu, mengingat terdapat beberapa adegan cahaya berkedip yang bisa memicu kejang.

1
2
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here