Pengaruh Doa Buruk Orangtua Bagi Anak

149

Oleh: KH. Luthfi Bashori (Pengemban Dakwah)

Setiap orangtua hendaklah selalu mendoakan anak-anak dan keturunannya dengan doa yang baik-baik, karena doa orangtua itu sangat mustajab di hadapan Allah.

Rasusullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orangtua, doa orang yang bepergian (safar) dan doa orang yang dizhalimi,” (HR. Abu Daud no. 1536).

Hendaklah setiap orangtua itu mencontoh para nabi dan orang sholeh, yang selalu mendoakan kebaikan pada anak keturunannya. Contoh doa Nabi Ibrahim ‘alaihissalam yang sangat baik untuk anak keturunannya:

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat. Ya Tuhan Kami, perkenankanlah doaku,” (Arti QS. Ibrahim: 40).

“Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini (Mekah), negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala,” (Arti QS. Ibrahim: 35).

Berbeda dengan doa para orangtua yang buruk-buruk untuk anak dan keturunanya itu, sangatlah berbahaya. Karena dapat mempengaruhi tabiat dan kejiwaan anak keturunannya menjadi berwatak buruk di masa mendatang.

Ada seorang lelaki datang kepada Imam Abdullah ibnu Al-Mubarak dan ia mengeluh tentang sebagian watak anaknya.

Maka tanya Imam Ibnu Al-Mubarak, “Apakah engkau pernah mendokan keburukan baginya?”

Jawab lelaki itu, “ Ya.”

Kata Imam Ibnu Al-Mubarak, “Kalau begitu engkau telah merusaknya (dengan doamu itu). Aku pernah melihat sekelompok orang yang mendoakan keburukan untuk anak-anak mereka, sehingga berpengaruh kepada watak mereka secara jelas. Allah sengaja menguji sebagian anak dengan berbagai penyakit karena doa orangtua, sampai menyebabkan ayah-ayah mereka menyesal kemudian mereka berdoa mohon kesembuhan bagi anak-anak mereka dan doa mereka tidak dikabulkan kecuali hanya sedikit.”

Jadi, sebagai orangtua janganlah sembarangan mendoakan anak dan keturunannya dengan doa yang buruk, sebab doa orangtua untuk anaknya pasti diterima oleh Allah.

Karena setiap orangtua yang memiliki anak durhaka, tentu akan sangat mengganggu dan menyakitkan bagi orangtua dari anak yang didoakan keburukan tersebut. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here