Penelitian Ungkap Mainan Plastik Mengandung Bahan Kimia Penyebab Kanker

81

Muslim Obsession – Sebuah penelitian internasional mengungkapkan bahwa mainan plastik anak-anak menggunakan bahan kimia berbahaya yang dapat menyebabkan kanker.

Sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal medis terkemuka Science Direct, dikutip Selasa (9/3/2021) mengungkapkan bahwa lebih dari 100 bahan kimia berbahaya telah ditemukan dalam mainan plastik anak-anak yang dapat sangat berbahaya bagi kesehatan anak-anak.

Baca Juga: Rutin Makan Tomat Bisa Lindungi Kulit dari Kanker

Studi tersebut menemukan 419 bahan kimia keras, lunak, dan berbusa yang digunakan dalam mainan plastik anak-anak, 126 di antaranya mengidentifikasi zat yang dapat membahayakan kesehatan anak-anak melalui dampak kanker atau non-kanker.

Seorang peneliti di Universitas Denmark, Dr Peter Fantke mengatakan bahan kimia berbahaya termasuk 31 plasticizer, 18 penghambat api, dan delapan bahan kimia parfum berbahaya.

Penelitian menunjukkan bahwa mainan plastik harus diberi label dengan bahan kimia yang digunakan dalam pembuatannya dan organisasi seperti Food Safety Monitor, yang berupaya mencegah penggunaan bahan kimia berbahaya dalam produk plastik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here