Penelitian di AS Ungkap Gerakan Shalat Bisa Kurangi Nyeri Punggung

148

Muslim Obsession – Muslim diwajibkan untuk shalat lima waktu. Selain memberi manfaat dari sisi spiritualitas, shalat juga memiliki manfaat untuk kesehatan fisik.

Secara psikologis, gerakan dalam shalat ini memberikan istirahat dari rutinitas dan kebebasan sesaat dari tekanan mental yang datang dengan beban kehidupan sehari-hari, memungkinkan penataan kembali prioritas secara berkala sepanjang hari.

Secara spiritual, doa memberikan kesempatan untuk berhubungan kembali dengan Allah dan mengingat apa yang paling penting.

Tidak kalah penting, penelitian di Binghamton University di AS menunjukkan bahwa shalat dapat bermanfaat bagi kesehatan fisik.

Para peneliti mengatakan bahwa gerakan fisik yang dilakukan selama salat, jika dilakukan secara teratur dan seperti yang ditentukan, dapat mengurangi nyeri punggung bawah dengan cara yang mirip dengan intervensi terapeutik umum lainnya.

Selain gerakan fisiknya, shalat bisa mendorong keadaan relaksasi saat seseorang terhubung dengan Allah.

Efek relaksasi pada tubuh ini dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung, yang pada akhirnya membantu otot menjadi rileks.

Para peneliti menemukan bahwa sebagian besar tekanan pada punggung bawah terjadi selama gerakan ‘membungkuk’ yang dikenal sebagai ruku`.

Tetapi jika orang dengan nyeri punggung bawah memposisikan lutut dan punggung dengan benar, rasa sakit itu dapat dikurangi secara signifikan dengan gerakan.

Dilansir About Islam, Senin (13/12/2021) studi tersebut menyoroti manfaat fisik dari setiap postur selama shalat.

Berdiri: Berat badan didistribusikan secara merata.
Ruku`: Meregangkan otot-otot punggung bawah, paha, betis, dan leher sepenuhnya. Darah mengalir ke bagian atas tubuh.
Bangkit dari ruku`: Ketegangan dilepaskan pada otot saat mereka rileks.
Sujud : Meningkatkan elastisitas sendi.

Selanjutnya, peningkatan aliran darah ke kepala karena diturunkan di bawah tingkat jantung dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Ini juga memiliki efek positif pada fungsi otak seperti memori dan konsentrasi.

Sujud berulang: Menyeimbangkan dan membersihkan berbagai sistem tubuh termasuk sistem pernapasan, peredaran darah, dan saraf dengan meningkatkan dan mendorong aliran darah dan oksigenasi yang berkelanjutan ke seluruh tubuh. Ini juga membantu pencernaan dengan mendorong pergerakan isi ke saluran pencernaan.

Dengan banyaknya manfaat fisik dari setiap posisi, maka tidak heran jika orang yang rutin melakukan shalat lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami masalah kesehatan, khususnya pada tulang belakang dan persendian.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here