Peneliti Temukan Fosil Gading Gajah Berumur 17 Juta Tahun

65

Muslim Obsession – Fosil gading gajah, yang diperkirakan berusia 17 juta tahun, ditemukan di barat daya provinsi Denizli selama beberapa studi survei yang dilakukan oleh para ahli.

Sekelompok paleoantropolog, ahli geologi dan mahasiswa telah melakukan survei permukaan dengan koordinasi Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata di wilayah tersebut.

Gading prasejarah itu ditemukan di distrik Buldan provinsi Denizli bersama dengan fosil dari sekitar 38 spesies berbeda, menurut tim penggalian.

“Gading itu adalah fosil mamalia tertua yang pernah ditemukan di Denizli,” kata Ahmet Ihsan Aytek, ahli paleoantropologi di Universitas Burdur Mehmet Akif Ersoy, kepada Anadolu Agency (AA), Selasa (21/9/2021).

Menurut Aytek, gading tersebut membuktikan bahwa sejarah gajah sudah ada jauh sebelumnya di wilayah tersebut. Memperhatikan bahwa mereka memperkirakan gajah ada 7 juta-9 juta tahun yang lalu.

Ahli paleoantropologi menambahkan: “Kami percaya gading yang baru ditemukan berasal dari 16 juta atau 17 juta tahun. Ini jauh lebih tua dari fosil yang kami temukan di Denizli sebelumnya, dan kami bahkan dapat mengatakan bahwa itu adalah fosil mamalia tertua yang pernah ditemukan di kota. Pada saat yang sama, tidak banyak fosil gajah di Anatolia selama periode ini. Oleh karena itu, kami dapat mengatakan bahwa kami telah menemukan salah satu fosil paling langka di daerah tersebut.”

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here