Pencetusan 17 Agustus Sebagai Hari Persahabatan Indonesia-Amerika

762
Acting Konsul Jenderal RI San Francisco, Hanggiro Setiabudi beserta staf saat acara pengibaran Bendera Merah Putih di atas Gedung Balai Kota San Francisco bersama Madam Charlotte M. Schultz, Chief of Protocol pada Kantor Walikota San Francisco. (Foto: KJRI San Francisco).

San Francisco, Muslim Obsession – Bendera Merah Putih berkibar di atas Gedung Balai Kota San Francisco. Pengibaran Bendera Merah Putih terlaksana berkat kerja sama KJRI San Francisco dengan Kantor Walikota San Francisco dalam rangka menyambut perayaan HUT RI ke-73 pada tanggal 17 Agustus 2018.

Setelah pengibaran Bendera Merah Putih di Balkon Utama Gedung Walikota San Francisco, acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Dalam acara ramah tamah yang diadakan di International Room, Kantor Walikota San Francisco, Chief of Protocol mengajak para hadirin untuk mengheningkan cipta sejenak (moment of silence) sebagai ungkapan duka kepada korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat yang terjadi beberapa waktu lalu.

Dalam sambutannya Chief of Protocol menyampaikan bahwa KJRI San Francisco dan Masyarakat Indonesia yang tinggal di San Francisco menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kota San Francisco dan telah turut serta memperkaya kota San Francisco sebagai pusat kebudayaan internasional, perdagangan dan pariwisata.

Selanjutnya Chief of Protocol menyampaikan Dokumen Proklamasi dari Walikota San Francisco, London Breed, kepada Acting Konjen RI San Francisco.

Dokumen Proklamasi tersebut menetapkan bahwa tanggal 17 Agustus 2018 adalah sebagai “Indonesian-American Friendship and Heritage Day” di San Francisco.

Dalam sambutan balasannya, Acting Konjen RI menyampaikan bahwa hubungan Indonesia dan Amerika Serikat, khususnya dengan California Utara dan San Francisco sangat baik dan melalui semangat ini, hubungan persahabatan dan saling pengertian antara  kedua Negara dan kedua masyarakat diharapkan dapat lebih meningkat.

Dikutip dari rilis KJRI San Fransisco, Kamis (16/8/2018) Acting Konjen RI juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas dukungan Kantor Walikota San Francisco pada berbagai kegiatan KJRI San Francisco, khususnya penyelenggaraan Indonesia Day di Union Square beberapa tahun yang lalu. Diharapkan dukungan tersebut dapat tetap diberikan pada tahun-tahun mendatang.

Acara pengibaran Bendera Merah Putih tersebut dipimpin oleh Madam Charlotte M. Schultz, Chief of Protocol pada Kantor Walikota San Francisco mewakili Walikota San Francisco dan Hanggiro Setiabudi, Acting Konsul Jenderal RI San Francisco.

Turut hadir dalam acara tersebut Clayton M. Stanger, Regional Director Office of Foreign Mission in San Francisco; Mark Chandler, Director for Trade and Commerce; Dr. Jay Xu, Executive Director of Asian Art Museum in San Francisco; Margaret Conley, Executive Director the Asia Society of Northern California dan 25 orang perwakilan dari Masyarakat Indonesia dan staf KJRI San Francisco. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here