Pemimpin Teladan Menurut Gus Mus

548

Muslim Obsession – KH. Ahmad Mustofa Bisri atau biasa disapa Gus Mus menerangkan tentang bagaimana menjadi pemimpin teladan.

Menurutnya, sebagai orang Islam, yang paling baik adalah yang dapat mengikuti jejak Rasulullah Saw.

“Walau kita tidak bisa 100 persen seperti beliau, minimal kita berusaha mendekati apa yang diajarkan dan dicontohkan oleh kanjeng Nabi Muhammad Saw,” kata Gus Mus seperti dalam GusMus Channel, yang dikutip Muslim Obsession, Jumat (24/5/2019).

Gus Mus menambahkan, hubungan Nabi dengan Allah Swt dengan akhlak yang luhur. Dengan hamba-hamba Allah SWT juga dengan akhlak yang luhur.

“Dengan Allah Swt, kita tahu bahwa Rasulullah bagaimana menyembah Allah Swt atau beribadah kepada-Nya sampai bengkak kakinya. Bagaimana semua (urusannya) diserahkan kepada Allah Swt. Bagaimana mencontohkan kepada umatnya, saat-saat di mana kelemahan hamba, Nabi selalu menedahkan tangan untuk memohon kekuatan dari Yang Maha Esa, dari Sang Pencipta,” paparnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Rembang ini melanjutkan, hubungan Nabi kepada sesama hamba juga demikian, jadi sebetulnya kalau kita ingin sederhana, soleh yang sering disebut-sebut orang sebagai idealisme seorang muslim, itu adalah bagaimana orang patut dan baik kepada Allah Swt dan patut dan baik kepada sesama hamba Allah. Sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw.

Bahkan kalau kita cermat memperhatikan ketika kita solat pun, kita memulai dengan mengagungkan Allah. Allahu Akbar. Dan diakhiri dengan salam kepada sesasma hamba Allah.

“Demikian pula firman Allah yang mengisahkan tentang percakapan nanti kelak di akhirat, ketika orang bertanya kepada orang-orang yang masuk di Neraka Sakol.
Kenapa kamu masuk di Neraka Sakol? Jawabnya, karena kami tidak solat, tidak menyembah Allah, tidak memberi makan kepada orang-orang miskin,” tutup Gus Mus. (Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here