Pemimpin dan Dunia Global

949

Melalui dakwah dan pendidikan saya selalu berusaha untuk menampilkan Indonesia sebagai “the can and the able nation”. Tentu  slogan ini saya ambil dari mantan Presiden Amerika, Barack Obama: “Yes We Can”.

Bahwa kita sesungguhnya bisa melakukan banyak hal untuk menampilkan kehebatan dan kebesaran Indonesia. Bahwa bangsa kita dengan segala keterbatasan mampu berada di garda depan untuk bersama-sama membangun dunia yang lebih baik.

Tapi untuk bisa melakukan itu diperlukan kesadaran bersama. Bahwa tanggung jawab membawa nama besar Indonesia ke luar negeri itu adalah tanggung jawab kolektif. Dan Karenanya perlu saling mendukung, saling menopang, dan menghargai.

Terlebih khusus lagi tentunya pemerintah dan seluruh aparatnya, termasuk perwakilan-perwakilannya di luar negeri, harusnya mendorong, mendukung dan menghargai potensi dan peranan anak-anak bangsa.

Tapi pada akhirnya kebesaran negeri ini juga banyak ditentukan oleh karakter kepemimpinannya. Kharisma dan kapabilitas pemimpin menjadi ukuran “kharisma dan kehormatan” bangsa di mata dunia.

Karenanya, negeri ini kembali merindukan sosok Soekarno untuk hadir di gelanggang global masa kini. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here