Pemilu 2019, MUI Minta KPU dan Bawaslu Jadi Wasit yang Adil

307
Bilik Suara (Foto: Istimewa)

Jakarta, Muslim Obsession – Menjelang Pemilu 2019, Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta KPU dan Bawaslu dapat menjadi wasit yang adil dan tegas. Pemilu 2019 ini juga diharapkan dapat menghadirkan kontestasi yang sehat sehingga masyarakat bisa memillih dengan jeli.

“Pihak penyelenggara pemilu, dalam hal ini KPU dan Bawaslu, harus dapat menjadi wasit yang adil dan tegas dalam menegakkan aturan. Jadikan pemilu ini sebagai pesta demokrasi hakiki yang menggembirakan dan memberikan pendidikan politik konstruktif bagi masyarakat,” ujar Wakil Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), Salahuddin al-Ayyubi kepada wartawan, Senin (8/4/2019).

Pemilu merupakan bagian dari upaya untuk memilih pemimpin yang dipercaya dapat mewujudkan cita-cita berbangsa dan bernegara. Yakni, terciptanya keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat.

Dengan begitu, menurut dia, pemilu bukanlah tujuan utama (ghayah), melainkan cara untuk mencapai tujuan (washilah), dan cara tidak boleh mengalahkan tujuan. Karenanya, setiap proses Pemilu harus tetap mengedepankan tujuan tersebut, KPU dan Bawaslu harus menjadi lembaga yang mengawasi agar Pemilu berjalan dengan benar.

“Keutuhan bangsa dan negara dengan menjaga suasana kondusif harus menjadi prioritas bagi setiap pihak yang mengikuti kontestasi dalam Pemilu. Jangan sampai proses Pemilu justru malah menjadi alat untuk membelah dan memperhadapkan masyarakat,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, masing-masing kontestan berkampanye dan menarik perhatian masyarakat dengan tetap mengedepankan fastabiqul khairat (berlomba dalam kebaikan). Sikap sportif dan taat aturan atau fair play, harus tetap menjadi hal yang diutamakan.

TNI dan Polri yang merupakan alat negara untuk menjaga keamanan, ketahanan, dan keutuhan bangsa diharapkan dapat menjalankan tugasnya secara profesional.

“Pihak berwenang tidak boleh terpengaruh dengan suasana kontestasi dalam pemilu,” tutupnya. (Bal)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here