Pemerintah Qatar Bersihkan 1.200 Masjid Menyambut Ramadhan

1341
Salah satu Masjid di Qatar (Photo: Istimewa)

Doha, Muslim Obsession –  Pemerintah Qatar menyiapkan sekitar 1.200 masjid di seluruh negeri untuk menyambut para jamaah selama bulan suci Ramadhan.

“Kementerian Wakaf dan Urusan Islam membuka total 65 masjid baru tahun ini. Ditambah sekitar 20 masjid baru sebelum Ramadhan, untuk menampung semakin banyak jamaah,” kata Mohamad bin Hamad Al-Kuwari, Kepala Masjid Departemen Manajemen di Kementerian, Rabu (25/4/2018).

Persiapan berfokus pada penyediaan area terpisah bagi para jamaah wanita hampir di semua masjid. Menurut kalender, Ramadhan pertama di Qatar akan dimulai tanggal 16 Mei 2018 waktu setempat. Jika Bulan Sabit terlihat pada malam 15 Mei.

Kementerian Qatar mengintensifkan upaya dalam melakukan pemeliharaan yang diperlukan dari masjid. Seperti pembersihan dan yang terkait dengan penyediaan kebutuhan seperti mencuci dan mengganti karpet untuk membuat masjid sepenuhnya siap untuk Ramadhan.

“Kami memberikan 14 tender senilai sekitar QR110m kepada perusahaan swasta lokal untuk membersihkan sekitar 1.059 masjid,” kata Al-Kuwari, sebagaimana dilansir The Peninsula Qatar, Kamis (26/4/2018).

Sebagian besar masjid akan memiliki area terpisah untuk jamaah wanita selama Ramadhan.

“Sesuai strategi Kementerian, masjid baru harus memiliki tempat terpisah untuk wanita. Sebagian besar masjid memiliki fasilitas seperti itu, hanya beberapa yang tidak memiliki. Maka akan disediakan fasilitas untuk membuat pembatas (hijab),” kata Al-Kuwari.

Masjid-masjid juga akan dibuka lebih lama selama bulan Ramadhan, dibandingkan bulan-bulan lain.

“Sesuai jadwal Ramadhan, masjid akan tetap buka dari setengah jam sebelum waktu shalat Ashar sampai setelah shalat Tarawih. Terutama menjelang sepuluh hari terakhir ketika shalat malam banyak dilakukan muslim. Maka waktunya akan ditingkatkan lagi,” ujarnya.

Kementerian Qatar berencana menunjuk sekitar lima imam muda untuk Masjid Agung Imam Muhammad Ibn Abdul Wahhab di Doha. Ada total 170 Imam Qatar di Kementerian dan sekelompok Imam Qatar baru akan bergabung segera menyambut dan mengisi bulan suci Ramadhan. (Vina)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here