Pemerintah Kucurkan Rp.1,2 Triliun untuk BLT Warteg dan PKL

78

Jakarta, Muslim Obsession – Pemerintah mengucurkan anggaran Rp.1,2 triliun untuk bantuan tunai (BLT) warteg dan pedagang kaki lima (PKL).

Bantuan akan diberikan kepada 1 juta penerima dengan nilai Rp1,2 juta per pelaku usaha.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, dana akan BLT akan dipecah kepada TNI dan Polri, sehingga masing-masing instansi akan mengelola Rp.600 miliar.

“Rp.600 miliar kami sampaikan untuk TNI dan Rp.600 miliar untuk Polri untuk diteruskan ke masyarakat, terutama PKL jadi ini dananya Rp1,2 triliun,” ujar perempuan yang biasa disapa Ani pada konferensi pers daring, Kamis (9/9/2021).

Kenapa lewat Polri dan TNI?

Menurut Ani, alasan Presiden Jokowi mengamanatkan TNI/Polri sebagai penyalur adalah untuk menghindari ketegangan antara pedagang dan aparat yang sempat terjadi antara aparat dan PKL seperti yang terjadi pada masa PPKM Darurat lalu.

Harapannya, penutupan usaha kecil di daerah level 4 yang disertai penyaluran bantuan bisa menghindarkan konflik dan kekerasan.

“Bapak Presiden memutuskan TNI/Polri diberikan kewenangan menyalurkan langsung ke PKL, dengan demikian tugas yang dilakukan oleh TNI/Polri di lapangan bisa dipahami oleh masyarakat,” jelasnya. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here