Pemerintah Harus Jamin Ketersediaan Pupuk Subsidi di Manggarai Barat

123

Tambaloka, Muslim Obsession – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menerima banyak keluhan soal ketersediaan pupuk bersubsidi dari para petani di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepada Senator asal Jawa Timur tersebut, para petani di 12 kecamatan di Kabupaten Manggarai Barat mengeluhkan sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi.

Merespon keluhan-keluhan tersebut, LaNyalla berharap pemerintah memastikan ketersediaan pupuk subsidi untuk Manggarai Barat.

Baca juga:

Ketua DPD RI Imbau Mahasiswa Manfaatkan Dana KIP Kuliah

Ketua DPD: Panitia All England Tak Adil Diskualifikasi Kontingen Indonesia

Jumlahnya Besar, Masyarakat Harus Aktif Awasi Dana Desa

“Kondisi ini sudah terjadi selama tiga bulan terakhir. Sehingga petani mengaku tak bisa berbuat banyak di musim tanam awal tahun ini lantaran langkanya pupuk bersubsidi, seperti urea atau NPK,” tutur LaNyalla, sesaat setelah tiba di Tambaloka, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT, Senin (22/3/2021).

LaNyalla mengatakan, kuota pupuk bersubsidi tahun ini untuk Kabupaten Manggarai Barat hanya sebanyak 7.020 ton. Jumlah itu jauh dari kebutuhan pupuk subsidi yang mencapai 14.573,9 ton.

“Angka ini jauh dari cukup dari kebutuhan petani. Untuk itu, kita meminta pemerintah untuk menambah kuota pupuk subsidi ke Manggarai Barat agar kebutuhan petani terpenuhi dan menekan lonjakan harga pupuk,” ujar pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum Kadin Jawa Timur itu.

Tahun ini, alokasi pupuk bersubsidi mengalami kenaikan dibanding 2020. Jika tahun 2020 jumlah pupuk bersubsidi sebanyak 8,9 juta ton, tahun 2021 jumlah tersebut meningkat menjadi 9 juta ton plus 1,5 juta liter pupuk organik cair.

“Kita berharap distribusi dan pemanfaatan pupuk bersubsidi bisa dimaksimalkan, sehingga manfaatnya bisa dirasakan petani sekaligus menjaga ketahanan pangan Tanah Air,” tandasnya. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here