Pemerintah Bangun 1.200 Hunian Sementara untuk 14.400 Korban Gempa Palu

739
Salah satu contoh pembangunan Huntara untuk korban gempa di Palu. (Foto: Setkab)

Jakarta, Muslim Obsession – Puluhan ribu korban bencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi di sejumlah wilayah di Sulawesi Tengah (Sulteng) akhir September lalu, membuat mereka kehilangan tempat tinggal.

Untuk itu, pemerintah akan membangun sebanyak 1.200 Hunian Sementara (Huntara) di Kelurahan Duyu, Petobo dan Pengawu, Lapangan Sepakbola Kelurahan Silae, Tipo, Tipo A, Lapangan Kelurahan Buluri, Watusampu, dan Kawatuna.

Menteri Koordinasi bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan, hunian tersebut direncanakan dalam bentuk barak, dalam satu barak diperkirakan dihuni oleh 12 keluarga. Nantinya, barak tersebut juga akan dilengkapi dengan MCK, dapur, dan fasilitas rumah tangga lainnya.

“Ini tadi dihitung sementara ada 1.200 lokasi masing-masing kali 12. Tapi ini sementara karena hitungan sementara belum selesai. Hitungan sementara masih kita hitung dari jumlah pengungsi,” kata Wiranto usai memimpin rapat koordinasi terbatas di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (15/10/2018).

Menurut Menko Polhukam, sekarang terdaftar jumlah pengungsi  65.000. Dari jumlah ini diperkirakan hanya separuhnya atau sekitar 30.000 saja yang akan kembali ke rumah masing-masing karena rumahnya tidak hancur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here