Pemerintah Akan Memberikan Gelar Pahlawan kepada 6 Tokoh

69

Jakarta, Muslim Obsession – Menteri Sosial, Juliari P. Batubara, memastikan pemerintah akan memberikan enam gelar pahlawan kepada enam tokoh nasional yang dianggap sudah punya jasa besar terhadap bangsa ini. Pemberian gelar tepat pada perayaan Hari Pahlawan 10 November tahun ini.

Pemberian gelar pahlawan langsung dilakukan oleh Presiden Jokowi. “Apabila tidak ada perubahan, Presiden akan menganugerahi gelar Pahlawan Nasional kepada enam tokoh. Nama-nama tentunya sudah melalui proses seleksi oleh Kementerian Sosial dan Dewan Gelar dan Tanda Kehormatan,” kata Juliari di Jakarta, Jumat (6/11/2020).

Ia memaparkan, keenam tokoh yang akan mendapat anugerah pahlawan nasional adalah, Sultan Baabullah dari Provinsi Maluku Utara. Kemudian, Macmud Singgirei Rumagesan-Raja Sekar dari Provinsi Papua Barat.

Selanjutnya, Jenderal Polisi (Purn) Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo dari Provinsi DKI Jakarta. Arnold Mononutu dari Provinsi Sulawesi Utara. MR. SM. Amin Nasution dari Provinsi Sumatera Utara, dan Raden Mattaher bin Pangeran Kusen bin Adi dari Provinsi Jambi.

Ia menjelaskan, upacara Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional akan dilakukan di Istana Negara pada 10 November 2020 pukul 10.00 WIB dengan Inspektur Upacara Presiden RI.

“Selain itu di tanggal 10 November nanti akan ada dua acara utama lainnya. Pertama, Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Utama Kalibata pada 10 November pukul 08.00 WIB dengan Inspektur Upacara Presiden RI dan cadangan Irup Wakil Presiden RI. Kedua, Upacara Tabur Bunga di Laut di Perairan Teluk Jakarta dengan Inspektur Upacara Ketua DPR-RI dan cadangan Irup Wakil Ketua DPR-RI,” ungkapnya.

Ia menambahkan, peringatan Hari Pahlawan pada tahun ini akan berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena, di masa pandemi COVID-19, protokol kesehatan akan diterapkan secara ketat.

Sementara itu, Ketua Panitia Hari Pahlawan 2020, Helmy Yahya, mengatakan, rangkaian acara Hari Pahlawan tahun ini diisi dengan berbagai lomba yang dapat diikuti oleh masyarakat.

“Berbagai acara yang digelar ini dapat diikuti anak-anak muda karena memang ingin menanamkan untuk nilai-nilai pahlawan kepada generasi muda. Nanti juga di acara puncak di tanggal 10 November akan ada hiburan Semarak Hari Pahlawan yang akan didukung oleh berbagai artis yang menampilkan pertunjukan tradisional maupun modern,” katanya. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here