Pemerintah Akan Jadikan Rumah Adinegoro sebagai Museum

385
Presiden Jokowi saat mampir ke rumah tokoh pers nasional Djamaludin Adinegoro, di Jl Prof M Yamin, Pasar Talawi, Sawahlunto, Sumatra Barat, Kamis (8/2/2018). | Foto: istimewa

Sawahlunto, Muslim Obsession – Presiden Jokowi menyatakan pemerintah siap membantu rencana keluarga untuk menjadikan rumah kelahiran tokoh pers nasional Djamaludin Adinegoro di Jl Prof M Yamin, Pasar Talawi, Sawahlunto, Sumatra Barat (Sumbar), sebagai museum.

“Ya, tadi saya sudah menyampaikan kepada keluarga besar pemerintah siap untuk memberikan bantuan dalam pembangunan museum ini,” kata Presiden Jokowi usai menyerahkan sertifikat tanah di Sawahlunto, Sumbar, Kamis (8/2/2018).

Presiden Jokowi berharap dengan adanya museum itu, maka kesejarahan dari Djamaludin Adinegoro akan diabadikan dalam museum tersebut. Sosok Adinegoro dinilai sebagai tokoh pers yang mewarisi banyak karya sastranya.

“Sekarang ini kita ada kecenderungan meninggalkan kesusastraan ini yang perlu kita ingatkan, sehingga baik sisi jurnalisme sisi penulisan harus mengingat kembali kesejarahan dari beliau Bapak Djamaluddin Adinegoro,” ujarnya.

Beberapa saat usai menerima sertifikat tanah yang diserahkan Presiden Jokowi, pihak keluarga tokoh pers nasional Djamaludin Adinegoro, yang diwakili cucunya Eriswati Alamsyah menyampaikan rencana menjadikan rumah kelahiran Adinegoro sebagai monumen.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak presiden yang telah memberikan perhatian yang luar biasa terhadap Adinegoro,” kata Eriswati.

Untuk pembangunan museum, menurut Eriswati, Presiden  tadi sudah mengatakan siap membantu dan mudah-mudahan ini bermanfaat untuk pendidikan, dan terutama kemajuan pers Indonesia.

Dalam rangkaian kunjungannya ke Sumatera Barat, Presiden Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana menyempatkan mampir ke rumah tok pers nasional Djamaludin Adinegoro, di Jl Prof M Yamin, Pasar Talawi, Sawahlunto, Sumatra Barat.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana juga menyempatkan diri untuk mampir dan berziarah ke makam Pahlawan Nasional Prof Mohamad Yamin, yang lokasinya tida jauh dari rumah Adinegoro. Mohd Yamin sendiri merupakan kakak dari Djamaludin Adinegoro. (Has)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here