PBNU: Jangan Bersedih, Banyak Amalan yang Setara dengan Ibadah Haji

110

Jakarta, Muslim Obsession – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama atau PBNU memahami kondisi kebatinan umat Islam Indonesia yang gagal mengikuti ibadah haji. Mengingat Pemerintah Arab Saudi memutuskan ibadah haji 2020 dilaksanakan terbatas, hanya untuk orang Arab.

Ketua Pengurus Tanfidziyah PBNU, Kiai Haji Robikin Emhas berharap kepada calon jamaah haji Indonesia tidak berkecil hati dengan keputusan Pemerintah Arab Saudi tersebut. “Banyak peribadatan yang fadilah atau keutamaannya setara dengan menunaikan ibadah haji,” kata Robikin di Jakarta, Selasa (23/6/2020).

Antara lain, kata dia, menjamin kelangsungan hidup dan memberi makan yatim-piatu, istiqomah hadir dalam majelis ilmu, berbakti kepada kedua orang tua, berdzikir sepanjang waktu dengan bacaan baqiatus shalihat yaitu: subhaanallah wal hamdulillah wa la ilaha illallahu Allahu Akbar wa la haula wa wuwata illa billahil ‘aliyil ‘adzim, dan masih banyak lagi lainnya.

Baca Juga: Berikut 5 Amalan yang Pahalanya Setara dengan Ibadah Haji

Meskipun, Pemerintah Indonesia juga telah membatalkan pemberangkatan haji pada tahun ini karena alasan keselamatan di tengah pandemi COVID-19 ini.

“Saya kira, calon jamaah haji Indonesia juga bisa memahami. Beda apabila yang memutuskan tidak melakukan pemberangkatan haji, dengan alasan ketidaksiapan adalah Pemerintah Indonesia,” ujarnya.

Seperti diketahui, Kerajaan Arab Saudi memutuskan untuk menggelar ibadah haji 1441 H/2020 M, hanya secara terbatas untuk Warga Negara Saudi dan Warga Negara asing atau ekspatriat yang saat ini sudah berada atau berdomisili di Arab Saudi pada Senin 22 Juni 2020, pukul 21.30 waktu setempat.

Keputusan Kerajaan Arab Saudi membatasi penyelenggaraan ibadah haji, karena alasan keselamatan di tengah wabah Covid-19 saat ini. Tetapi, langkah Arab Saudi itu diapresiasi pemerintah Indonesia. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here