PBB Undang AS Bicarakan Suriah

473
Utusan Suriah, Staffan de Mistura, menghadiri konferensi pers di PBB di Jenewa, Swiss, 14 Juni 2018. (Foto: Reuters / Denis Balibouse)

Jenewa, Muslim Obsession – Utusan Suriah, Staffan de Mistura, telah mengundang Amerika Serikat dan enam negara lain untuk berembuk di Jenewa bulan depan, kata seorang juru bicara PBB, Selasa (28/8/2018).

Dia berencana untuk bertemu perwakilan senior dari Amerika Serikat, Inggris, Arab Saudi, Yordania, Jerman, Perancis dan Mesir pada 14 September, dua hari setelah dia menerima pejabat dari Rusia, Turki dan Iran untuk pembicaraan yang diumumkan sebelumnya. 

“Ini akan menjadi kesempatan untuk membahas jalan di depan pada proses politik,” kata juru bicara PBB Alessandra Vellucci, sebagaimana dilansir Reuters, Rabu (29/8/2018).

Disponsori Seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS mengatakan Amerika Serikat akan diwakili oleh James Jeffrey, utusan khusus yang baru dicetak untuk Suriah, dan Joel Rayburn, utusan khusus pemerintah untuk Suriah.

De Mistura ditugasi membentuk komite warga Suriah untuk menyusun konstitusi baru, setelah menerima nominasi dari pemerintah Suriah dan oposisi. Pertemuan-pertemuan yang direncanakan mengikuti serangkaian pembicaraan serupa dengan kedua kelompok negara pada bulan Juni, meskipun Mesir tidak terlibat dalam putaran itu.

Diskusi tentang pembentukan komite konstitusional telah membuat kemajuan yang lambat dan mewakili penurunan besar dalam ambisi PBB untuk perundingan perdamaian Suriah. Selama dua tahun pihak yang bertikai berulang kali datang ke Jenewa, dalam pencarian yang sia-sia untuk kesepakatan tentang reformasi politik, konstitusi baru dan pemilihan baru.

Tapi tahun ini, dengan sedikit keterlibatan politik AS dan keuntungan besar di medan perang oleh Presiden Suriah Bashar al-Assad dan sekutu Rusia dan Iran, proses politik PBB sebagian besar telah menguap.

Pejabat Departemen Luar Negeri AS mengatakan Amerika Serikat akan tetap terlibat dengan PBB dan pihak lain, termasuk Rusia, untuk mendorong semua upaya yang mungkin untuk memajukan proses politik, dan itu mendukung upaya de Mistura untuk menengahi penyelesaian politik. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here