PBB: Palestina dan Israel Menuju Perang Skala Penuh

97

Muslim Obsession – “Kami meningkat menuju perang skala penuh,” kata Tor Wennesland, Koordinator Khusus PBB untuk Proses Perdamaian Timur Tengah dalam tweet Rabu (12/5/2021) di tengah meningkatnya ketegangan di Israel dan pendudukan Palestina.

“Para pemimpin di semua sisi harus memikul tanggung jawab deeskalasi,” tambahnya, dilansir Daily Sabah.

“Biaya perang di Gaza sangat menghancurkan, dan dibayar oleh orang-orang biasa,” imbuhnya, menunjuk pada pembunuhan warga sipil Gaza oleh Israel dengan serangan udara.

Sebelumnya pada hari yang sama, jumlah korban tewas warga sipil Palestina yang tewas dalam serangan udara Israel di Jalur Gaza yang diblokade meningkat menjadi setidaknya 30 orang, termasuk anak-anak di tengah eskalasi yang dipicu oleh kerusuhan di kompleks Masjid Al-Aqsha yang menjadi titik nyala di Yerusalem.

“Sebanyak 10 anak dan satu wanita termasuk di antara mereka yang tewas di Gaza yang diblokade yang dikendalikan oleh Hamas dan 152 orang di sana terluka,” kata Kementerian Kesehatan Palestina.

Baca Juga: Ini Tiga Alasan Mengapa Umat Islam Harus Membela Palestina dan Al-Aqsha

Menurut layanan darurat Magen David Adom, dua wanita Israel juga terbunuh oleh roket yang ditembakkan dari Gaza sebagai tanggapan atas agresi Israel baru-baru ini di kota pesisir Ashkelon yang menjadi sasaran berat, tepat di utara Gaza. Pusat medis Barzilai setempat mengatakan sedang merawat 70 orang yang terluka.

Brigade Qassem Hamas telah bersumpah untuk mengubah kota “ke neraka” dan menghujani tembakan yang intens, mengklaim telah menembakkan 137 roket ke arah Ashkelon dan Ashdod di dekatnya hanya dalam waktu lima menit.

Ledakan keras kembali mengguncang kota itu pada Selasa, di mana sebuah roket telah merobek lubang menganga ke sisi blok apartemen, kata seorang wartawan Agence France-Presse (AFP).

Lebih dari 90% roket baru-baru ini dari Gaza dilaporkan dicegat oleh sistem pertahanan rudal Iron Dome, juru bicara militer Israel Jonathan Conricus mengatakan sebelumnya.

Jet tempur Israel dan helikopter serang telah melakukan lebih dari 130 serangan terhadap sasaran militer di daerah kantong itu, kata Conricus.

Pejabat Israel mengatakan mereka telah membunuh 15 komandan Hamas, sementara kelompok Palestina Jihad Islam mengkonfirmasi dua tokoh seniornya juga tewas.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here