PBB Hampir Tak Berdaya Tangani Suriah

598
Pekerja pertahanan sipil membawa seorang pria yang terluka setelah serangan udara di Ghouta Timur, Damaskus, Selasa (6/2/2018) waktu setempat. (Photo: Anadolu Agency)

Suriah, Muslim Obsession – Skala penderitaan di Suriah telah mencapai tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Karena, akses bantuan diblokir di tiga pusat populasi utama.

Selain itu, perpindahan meningkat dan lebih dari 13 juta orang butuh bantuan dari seluruh Negeri. Demikian disampaikan PBB, seperti dilansir The Guardian, Rabu (7/2/2018).

Oleh karenanya, PBB mendesak gencatan senjata selama satu bulan untuk meringankan situasi ekstrem tersebut.

“Ini belum pernah kita lihat sebelumnya. Konflik tersebut telah mengakibatkan pengungsian massal warga Suriah, pengepungan, kelaparan dan korban tewas yang melampaui 500.000 orang pada tahun 2016,” tutur PBB.

Asisten Sekretaris Jenderal dan Koordinator Kemanusiaan PBB di Suriah, Panos Moumtzis, mengatakan, PBB hampir tidak berdaya menanggapi krisis kemanusiaan di Suriah.

“Khususnya selama dua bulan terakhir, ketika akses kepada warga sipil telah diblokir oleh pejabat pemerintah Suriah,” ujar Panos.

Pengepungan tersebut paling parah terjadi di Ghouta Timur di pinggiran kota Damaskus. Di mana 400.000 orang atau 94% di bawah blokade rezim, belum menerima pengiriman makanan, air atau obat-obatan sejak akhir November 2017.

“Sedikitnya 300.000 orang telah mengungsi di Idlib sejak pertengahan Desember. Hampir setengah dari populasi saat ini telah mengungsi dari tempat lain di Suriah,” paparnya. (Vina)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here