PBB: 1 dari 45 Orang di Dunia Butuh Bantuan Kemanusiaan

230
Seorang gadis kurang gizi duduk di tempat tidur di sebuah klinik, Aslam, Yaman, 17 Februari 2019. (Foto: Reuters)

Jakarta, Muslim Obsession – Satu dari setiap 45 orang di dunia atau setara dengan 168 juta orang membutuhkan bantuan kemanusiaan pada tahun 2020, menurut laporan PBB yang dirilis Rabu (4/12/2019).

Menurut PBB, jumlah orang yang membutuhkan di ambang kelangsungan hidup telah tumbuh sebesar 22 juta selama tahun lalu karena konflik kekerasan dan berlarut-larut, peristiwa cuaca ekstrem terkait perubahan iklim dan ketidakstabilan ekonomi.

“Angka itu menandai catatan di era modern,” kata koordinator bantuan darurat Mark Lowcock kepada wartawan, mengklarifikasi bahwa ia merujuk pada periode sejak Perang Dunia II.

“Kebutuhan terus meningkat sebagian karena konflik menjadi lebih berkepanjangan dan intens,” terang Lowcock, sebagaimana dikutip dari Daily Sabah.

Warga sipil yang terjebak dalam konflik semakin cenderung untuk dipindahkan atau mengalami trauma secara psikologis, katanya, seraya menambahkan bahwa jumlah serangan terhadap sekolah dan fasilitas kesehatan terus meningkat.

Selain itu, perubahan iklim telah menyebabkan lebih banyak peristiwa cuaca ekstrem, terutama kekeringan dan banjir, yang memicu keadaan darurat kemanusiaan.

“Kebenarannya adalah bahwa tahun 2020 akan sulit bagi jutaan orang,” tutur Lowcock.

Dalam tinjauan kemanusiaan global tahunan mereka, PBB dan organisasi nonpemerintah yang bermitra mengatakan bahwa mereka bertujuan untuk membantu 109 juta orang yang paling rentan di 55 negara tahun depan, membutuhkan dana $ 29 miliar dalam pendanaan.

Delapan krisis pangan terburuk secara global terkait dengan konflik dan guncangan iklim, menurut laporan itu. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here