Pasca Kasus Dugaan Asusila, Kemenag Akan Investigasi Madrasah dan Pesantren

154
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: kemenag)

Jakarta, Muslim Obsession – Kementerian Agama berencana akan melakukan investigasi menyeluruh ke semua lembaga pendidikan madrasah dan pesantren.

Langkah ini menyusul terjadinya kasus dugaan asusila di Pesantren Manarul Huda Antapani, Bandung, Jawa Barat.

“Kita sedang melakukan investigasi ke semua lembaga pendidikan baik madrasah dan pesantren. Yang kita khawatirkan ini adalah puncak gunung es,” ujar Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas kepada media usai mendampingi Presiden Joko Widodo di acara Kongres Ekonomi Umat ke-2 di Jakarta, Jumat (10/12/2021).

Menag menegaskan, pihaknya akan menurunkan tim untuk melakukan investigasi tersebut dengan melibatkan jajaran Kemenag di daerah masing-masing.

“Kalau ada hal serupa kita akan lakukan mitigasi segera. Jadi jangan tunggu kejadian dulu baru bergerak. Semua lembaga pendidikan akan kami lakukan investigasi,” kata Menag.

Menurutnya, kasus dugaan pemerkosaan yang dilakukan salah seorang pimpinan pesantren di Bandung kini menjadi masalah bersama.

“Ini adalah problem bersama dan kita akan atasi bersama-sama. Jadi kekerasan seksual,  pelecehan seksual, dan semua tindakan asusila itu harus disikat,” tandas Menag. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here