Parmusi Santuni Anak Terlantar Penghafal Al-Quran di Tenda Pengungsian Maluku Tengah

416

Maluku Tengah, Muslim Obsession – Dalam perjalanan Kafilah Dakwah Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) di Kota Ambon, Provinsi Maluku, Ketua Umum Parmusi H. Usamah Hisyam dan Ketua Lembaga Dakwah Parmusi (LDP) KH. Syuhada Bahri menyempatkan diri berkujung ke Pondok Pesantren Al-Anshor di Kabupaten Maluku Tengah.

Pondok Pesantren Al-Anshor yang diasuh Ustadz Abu Imam Rumbara adalah pondok yang diisi oleh anak-anak korban konflik kemanusian Ambon, serta anak-anak marjinal. Mereka adalah anak-anak terlantar yang tidak lagi diurus oleh orangtuanya. Bahkan, sebagian dari mereka juga ada yang pernah menderita busung lapar.

Mereka berada dalam asuhan Ponpes Al-Anshor sejak usia dini. Tidak hanya ilmu agama, mereka juga mendapatkan pelajaran ilmu pengetahuan umum. Banyak juga di antara mereka yang mualaf.

Meski kondisinya serba terbatas, namun semangat mereka untuk belajar agama sangat tinggi. Pagi siang, malam, anak-anak di sini belajar mengaji menghafalkan Al-Quran.

“Anak-anak ini kebanyakan adalah anak-anak yang tidak lagi diurus sama orangtuanya (anak-anak terlantar). Mereka semua kita tampung, kita didik, kita ajari ngaji, belajar menulis dan membaca, dan kita tempatkan mereka di tempat yang layak,” ujar Ustadz Abu Imam kepada Muslim Obsession, Sabtu (9/11/2019) sore.

Usamah yang juga ditemani oleh putrinya Nisa Novalita menyaksikan langsung bagaimana anak-anak itu belajar menghafal Al-Quran di alam terbuka.

Penasaran, salah seorang di antara mereka pun diminta untuk menghafal surat An-Naba. Tanpa ada kesalahan anak itu ternyata mampu membacanya dengan hafal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here