Parmusi Lebih Tinggi, Tak Boleh Jadi Underbouw Parpol

543

Ambon, Muslim Obsession – Sebagai organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam yang berorientasi dakwah, Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan partai politik. Oleh karenanya, Parmusi tidak boleh menjadi underbouw partai politik manapun.

Ketua Pengurus Wilayah Parmusi (PW Parmusi) Maluku, KH. Abu Imam Rumbara beralasan, karena karakter inilah dirinya mau menjadi bagian Parmusi. Demikian dikatakan Pimpinan Pondok Pesantren Al-Anshor Ambon tersebut dalam sambutannya di acara Orientasi Dai Parmusi, Ahad (26/8/2018).

“Parmusi itu barang lama tapi eksistensinya baru. Dahulu di bawah PPP, tapi di bawah pimpinan Ustadz Usamah Hisyam tak lagi demikian. Organisasi tidak boleh jadi bagian partai karena baju partai terlalu kecil bagi Parmusi,” kata Abu Imam di hadapan sekitar 120 dai yang berkumpul di Aula Kementerian Agama Privinsi Maluku.

Abu Imam menerangkan, para dai di Ambon dan sekitarnya menghadapi banyak masalah. Meski dari permukaan tampak tak ada masalah, namun setelah ditelusuri ternyata banyak kasus permutadan.

“Saya khawatir nanti dimintai pertanggungjawabannya. Jangan sampai karena murtadnya orang-orang itu kita tidak bisa masuk surga,” terangnya.

Oleh karenanya, lanjut Abu Imam, sejak Januari lalu pihaknya telah berupaya untuk mengembalikan mereka pada Islam. Bahkan, banyak pula yang aslinya nonmuslim kemudian menjadi muallaf.

Ia pun berharap desa-desa muallaf tersebut menjadi desa binaan Parmusi dalam program Desa Madani.

Adapun wilayah terakhir kali yang menjadi sasaran dakwah islamiyah adalah kawasan barat daya Maluku. Oleh karenanya ia mengajak seluruh komponen umat Islam untuk sama-sama menjaga akidah umat agar terhindar dari pemurtadan.

“Mari kita bersinergi dengan siapapun ormas Islam yang memiliki kesamaan visi dan misi, sesuai dengan tagline Parmusi yakni connecting muslim,” pungkasnya.

Orientasi Dai Parmusi Maluku dibuka langsung oleh Ketua Umum PP Parmusi H. Usamah Hisyam. Bersama rombongan Kafilah Dakwah Parmusi, Usamah hadir didampingi istri Hj. Daisyanti Astrilita, Wakil Ketua Lembaga Dakwah Parmusi (LDP) Ustadz Bernard Abdul Jabbar, Wakil Ketua Business Center Parmusi Ustadz M. Sa’dun, dan staf LDP Ustadz Hilmi Muharromi.

Acara tersebut juga dihadiri pimpinan Muslimah Parmusi dan sejumlah tokoh umat Islam Kota Ambon. Mereka di antara adalah Ketua Muhammadiyah Maluku, Ketua Ikadi, Ketua KNPI, serta unsur pimpinan dari beragam instansi dan ormas Islam lainnya. (Fath/Hilmi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here