Parmusi Awali Safari Dakwah Desa Madani di Pedalaman Sumatera

973
Kafilah Dakwah yang dipimpin langsung Ketum Parmusi H. Usamah Hisyam akan melakukan safari dakwah di pulau Sumatera mulai hari ini, Senin (9/9/2019). (Foto: Albar)

Medan, Muslim Obsession – Kafilah Dakwah Parmusi (Persaudaraan Muslimin Indonesia) yang dipimpin Ketua Umum PP Parmusi H. Usamah Hisyam tiba di Medan, Sumatera Utara, Senin (9/9/2019) pagi.

Kedatangan Kafilah Dakwah Parmusi ini dalam rangka mengawali kegiatan safari Dakwah Desa Madani Parmusi di Pulau Sumatera.

Usamah mengatakan, Medan menjadi daerah yang pertama dikunjungi karena ada satu desa di pedalaman kota ini yang sudah siap melakukan pemberdayaan masyarakat melalui konsep Desa Madani yang dicanangkan Parmusi. Desa itu terletak di Kabupaten Langkat. Dari Bandara Kualanamu, perjalanan darat ditempuh kurang lebih tiga jam.

“Alhamdulillah kita sudah sampai di Medan. Dalam satu hari ini kita akan melakukan perjalanan ke pedalaman kota Medan untuk melihat secara langsung perkembangan Desa Madani Parmusi yang sudah berjalan selama setahun ini,” ujar Usamah.

Kafilah Dakwah Parmusi tiba di Bandara Kualanamu, Senin (9/9/2019) pagi.

Menurut Usamah, konsep Desa Madani sudah berjalan di seluruh provinsi yang ada di Sumatera. Termasuk juga di provinsi-provinsi lain di seluruh Indonesia. Parmusi menyasar daerah-daerah terpencil dan pedalaman untuk dijadikan objek Desa Madani.

Bagi Usamah, wilayah-wilayah itulah yang harus diperkuat ekonomi kerakyatannya.

“Melalui Desa Madani ini ekonomi umat dibentuk dan dikelola dengan memaksimalkan potensi masyarakat yang ada di desa. Baik melalui pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, dan juga kelautan,” tuturnya.

Pada Safari Dakwah Parmusi kali ini Usamah Hisyam juga didampingi Sekjen Parmusi, Abdurrahman Syagaff, Ketua Majelis Penasehat PP Muslimah Parmusi Daisy Astrilita, Ketua Umum Muslimah PP Parmusi Nurhayati Payapo, Ketua Lembaga Dakwah Parmusi (LDP) KH. Syuhada Bahri, dan Bendahara Umum PP Parmusi Dewi Achyani, serta sejumlah jajaran pengurus wilayah Parmusi Sumatera Utara.

Rencananya, selama sembilan hari Kafilah Dakwah Parmusi akan melakukan perjalanan darat di tanah Sumatera, dimulai dari Medan, Mandaling Natal, Padang, Jambi, Palembang, terakhir di Provinsi Lampung.

Selain menghadiri peresmian Desa Madani, rombongan Kafilah Dakwah Parmusi juga akan menghadiri acara Musyawarah Wilayah Parmusi di wilayah-wilayah tersebut.

Satu minggu sebelumnya, Kafilah Dakwah Parmusi yang dipimpin Usamah telah mengunjungi Desa Barammamase di Kecamatan Galesong Selatan, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Di desa yang ditetapkan sebagai Desa Madani Parmusi tersebut, Usamah melihat langsung 100 hektar lahan yang sudah mulai ditanam jagung.

“Parmusi akan mewujudkan pilot project Desa Madani di setiap propinsi hingga akhir 2019. Desa Madani Parmusi ini akan dibangun dengan empat pilar gerakan, yakni peningkatan iman dan takwa, pembangunan kesejahteraan ekonomi umat, pemberdayaan sosial, dan peningkatan kualitas pendidikan,” tandas Usamah. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here