Pantangan Makanan dan Minuman Penderita Wasir

77

Muslim Obsession – Untuk para penderita penyakit wasir sebaiknya anda memperhatikan pola makan yang dikonsumsi, jangan sampai apa yang di makan memperparah keadaan. Pantangan makanan untuk para penderita wasir adalah jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita wasir. Wasir atau ambeien merupakan penyakit yang disebabkan pelebaran pembuluh darah di sekitar anus atau pada rektum bagian bawah.

Dikutip Muslim Obsession dari website www.blogdokter.net  penyakit wasir dapat mengganggu aktivitas sehari hari, terutama saat bekerja. Agar rasa yang di alami oleh para penderita wasir tidak semakin parah sebaiknya anda tidak mengonsumsi makanan berikut:

Makanan Pedas

Cabai mengandung capsicum yang mana dapat mengakibatkan pendarahan semakin parah pada penderita wasir. Selain itu mengonsumsi sambal atau cabai juga menyebabkan penderita kesakitan saat buang air besar (BAB). Makan pedas adalah salah satu penyebab wasir.

Makanan Asam

Makanan asam memang pada dasarnya kurang bagus untuk pencernaan. Mengonsumsi makanan terlalu asam akan membuat pencernaan terganggu. Hal ini juga berlaku untuk penderita wasir. Jika penderita mengonsumsi makanan asam maka saat buang air besar akan terasa sakit.

Makanan Berminyak

Makanan yang banyak mengandung minyak kurang baik dikonsumsi oleh penderita wasir. Jika mengonsumsi makanan berminyak maka sistem pencernaan menjadi lambat dan dapat merusak dinding usus sehingga wasir akan terasa sakit.

Makanan Instan

Makanan instan dapat menimbulkan radang pada pembuluh darah, sehingga wasir atau wasir akan semakin parah. Makanan instan yang menjadi pantangan adalah jenis makanan cepat saji, makanan beku, makanan kaleng, dan makanan kemasan.

Makanan Tidak Beserat

Makanan yang keras dan tidak berserat sangat tidak baik untuk penderita wasir. Alasannya adalah makanan yang tidak berserat akan membuat feses menjadi keras. Anus yang sudah luka akan kesulitan mengeluarkan feses tersebut. Penderita akan merasakan kesakitan ketika mengeluarkan feses yang keras.

Makanan dengan Serat Berlebihan

Banyak orang menyarankan untuk melancarkan pencernaan harus mengonsumsi makanan kaya serat yang cukup. Namun apa jadinya jika yang dikonsumsi adalah serat yang berlebihan? Berikut ini penjelasannya :

  • Serat yang berlebihan akan menumpuk pada usus, sehingga serat massal telah dibentuk di usus.
  • Penumpukan serat itu, akan membuat feses dengan ukuran besar yang akan dikeluarkan oleh anus.
  • Anus harus bekerja lebih keras untuk mengeluarkannya. Untuk mengejan saja sakit, bagaimana jika mengejan dengan kekuatan yang lebih. Rasanya akan sangat menyakitkan.
  • Jangan mengambil supplemen serat, sebab supplemen akan memperparah kondisi anus.

Buah Mentah

Makan buah bukan masalah jika di blender atau dibuat minuman. Namun jika memakan buah mentah tidak diperbolehkan untuk penderita wasir. Buah sulit dicerna oleh organ pencernaan, sehingga menyebabkan wasir menjadi sakit.

Makanan Terlalu Panas

Makan makanan yang terlalu panas akan menyebabkan adanya kontraksi di perut dan juga usus. Lambung dan usu akan merasakan nyeri dengan masuknya makanan atau minuman yang terlalu panas.

Minuman yang sebaiknya dihindari oleh penderita wasir

Susu

Susu memiliki kontribusi dalam memberikan ketidaknyamanan bagi penderita wasir. Hal itu dikarenakan susu bisa memproduksi gas di dalam tubuh atau perut. Jika gas sudah diproduksi dalam perut akibatnya adalah rasa sakit dan kram perut yang menyakitkan.

Kopi

Mengkonsumsi kopi di pagi hari kurang bagus untuk penderita wasir karena dapat menyebabkan sembelit.

Alkohol

Mengonsumsi alcohol dapat menyebabkan pencernaan terganggu, sehingga konsumsi minuman ini sebaiknya tidak dilakukan saat mengalami wasir.

Itulah beberapa pantangan makanan dan minuman penderita wasir. Jika sedang sakit wasir maka ingat pantangan makanan diatas. Dengan menghindari makanan diatas, wasir anda akan segera teratasi. Sebaiknya tidak dikonsumsi dahulu agar wasir segera sembuh.  (red/arh)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here