Pangdam Siliwangi: Jangan Lupakan Hablumminal ‘Alam

2201
Ketum Parmusi, Usamah Hisyam, dan Pangdam III Siliwangi.
Ketum Parmusi H. Usamah Hisyam, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo, dan Ketua PW Parmusi Jawa Barat Ustadz Hidayat Zaini, Senin (8/1/2018).

Cimahi, Muslim Obsession – Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo menitip pesan kepada para Dai Parmusi (Persaudaraan Muslimin Indonesia) di seluruh Indonesia untuk tidak melupakan hablumminal ‘alam dalam melaksanakan dakwah islamiyah.

“Selama ini pada dai umumnya selalu menekankan hablumminallah dan hablumminannas. Padahal masih ada hablumminal ‘alam yang juga sangat penting di dalam mengelola kehidupan manusia,” ujar Pangdam saat menerima kunjungan Ketua Umum Parmusi H. Usamah Hisyam yang didampingi Ketua PW Parmusi Jawa Barat Ustadz Hidayat Zaini, di Lapangan Tembak Kodam III Siliwangi di Kota Cimahi, Jawa Barat, Senin (8/1/2018).

Pangdam menambahkan, Allah Swt. sudah mengingatkan manusia bahwa kerusakan di darat dan di laut tidak lain merupakan akibat perbuatan tangan manusia.

“Sehingga manusia dapat merasakan akibatnya, agar kembali ke jalan yang benar. Hal itu kan sudah sangat tegas diinformasikan dalam Surat Ar-Ruum ayat 41,” ungkap Pangdam.

Menurut Doni, dalam konteks ini, sudah saatnya seluruh komponen masyarakat termasuk ulama, ustadz, dan para dai peduli terhadap upaya sosialisasi menjaga kebersihan kali Citarum.

“Bukankah dalam Islam ditegaskan bahwa kebersihan adalah bagian dari iman?” ujarnya.

Kunjungan Usamah tersebut dalam rangka mengundang Pangdam Doni Monardo untuk menghadiri Orientasi dan Pelatihan Dai Parmusi se-Jawa Barat. Pangdam diminta untuk menyampaikan materi terkait dengan Pembersihan Kali Citarum.

Panglima berharap, para dai Parmusi nantinya ikut serta memberikan pemahaman kepada umat Islam, khususnya di Jabar, akan pentingnya menjaga bersama kebersihan kali Citarum.

Menanggapi hal itu Ketua Umum Parmusi Usamah Hisyam menegaskan, para kader dan Dai Parmusi Jabar akan mendukung penuh program Panglima Kodam III Siliwangi tersebut.

“Saya setuju dengan yang sudah dijelaskan Panglima betapa pentingnya air Citarum bagi kehidupan kita. Khususnya tentu saja warga Jakarta yang mengandalkan sumber air dari Citarum. Parmusi pasti dukung penuh program ini,” tandas Usamah. (Anto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here