Panduan Ibadah di Rumah, Pengganti I’tikaf di Masjid

157

Jakarta, Muslim Obsession – Biasanya di 10 hari terakhir bulan Ramadhan, umat Islam banyak yang melakukan I’tikaf di Masjid. Namun karena dunia tengah dilanda corona. Ibadah di masjid banyak yang ditiadakan.

Meski begitu, untuk mencari keutamaan dalam 10 terakhir bulan Ramadhan ini, umat Islam tetap bisa melaksanakan ibadah di rumah, sebagai pengganti I’tikaf.

I’tikaf boleh dilakukan kapan saja, tapi utamanya di malam-malam bulan Ramadhan. I’tikaf merupakan salah satu ibadah untuk menggapai malam lailatul qadar.

Ustaz Syafiq Hasyim menjelaskan, orang yang beriktikaf harus memenuhi syarat yakni seorang muslim, balig dan berakal, serta suci dari hadas. Sedangkan rukun I’ktikaf yakni niat dan berdiam di masjid.

Namun kali ini ada pelemik mengenai iktikaf di rumah di masa pandemi virus corona. Ada yang membolehkan. Ada yang tidak.

“Untuk I’tikaf empat mazhab sepakat di masjid. Persoalannya saat ini ada Covid-19, di mana dikhawatirkan tertular. Ada yang membolehkan I’tikaf di rumah dengan tempat khusus, tempat shalat,” kata Ustadz Syafiq.

Jika ingin melaksanakan ibadah di rumah. Ustadz Syafiq memberikan panduan ibadah pengganti I’tikaf saat berada di rumah.

Pertama, dilakukan di tempat khusus. I’tikaf di rumah bisa dilakukan dengan membuat tempat khusus untuk beribadah di rumah. Tempat itu harus merupakan tempat yang bersih.

“Tempat yg bersih dan wangi, yaitu qiyas (ketetapan) shalat,” katanya.

Kedua, dilanjutkan dengan ibadah. I’tikaf dilakukan dengan berdiam sambil beribadah dengan tenang. Ibadah yang dapat dilakukan saat beriktikaf adalah muhasabah atau mengevaluasi diri, bertobat, berzikir, hingga membaca Al-Quran.

“Dapat dilakukan dengan merefleksikan diri di hadapan Allah, mengenai kelemahan atau kebaikan manusia, dan juga keagungan Allah. Intinya banyak mengingat Allah,” kata cendekiawan muslim ini.

Saat beribadah di rumah, tak banyak perubahan ibadah dan amalan yang dilakukan. Setiap orang dapat bermuhasabah, bertobat, berzikir, hingga membaca Al-Quran.

Dapat pula diisi dengan melakukan berbagai shalat sunah seperti shalat tobat, shalat tahajud, shalat hajat.

Panduan ibadah pengganti I’tikaf saat berada di rumah ini dapat dilakukan sebagai salah satu ibadah untuk menggapai malam Lailatul Qadar. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here