Palestina Akan Dirikan Ratusan Tenda di Perbatasan

506
Warga Palestina Sedang Demonstrasi
Warga Palestina Sedang Demonstrasi (Foto: Anadolu)

Gaza, Muslim Obsession – Palestina merencanakan pendirian ratusan tenda di perbatasan Gaza dan Israel. Dalam rangka demonstrasi selama enam minggu untuk mendukung hak para pengungsi Palestina.

“Keluarga Palestina akan mendirikan ratusan tenda atau mungkin ribuan. Untuk aksi demonstrasi yang berlangsung dari tanggal 30 Maret sampai 15 Mei,” kata panitia penyelenggara, dikutip dari Hurriyet, Jumat (9/3/2018).

Para demonstran akan menyuarakan hak para pengungsi Palestina di Timur Tengah. Agar kembali ke rumah mereka, di mana mereka melarikan diri dari perang Israel sejak tahun 1948.

Pihak penyelenggara menuturkan, warga yang tinggal di tenda akan diisi dengan kegiatan pemuda dan masyarakat. Aksi demonstrasi tersebut mendapat dukungan dari semua faksi politik di Jalur Gaza, termasuk penguasa Islam Hamas.

Sementara itu, tentara Israel melihat rencana tersebut sebagai ancaman keamanan potensial. Sedangkan, pihak berwenang Palestina khawatir jika kekerasan menyerang demonstran wanita dan anak-anak.

Pada demonstrasi bulan lalu, empat tentara Israel terluka ketika sebuah alat peledak improvisasi ditanam di sepanjang perbatasan Gaza. Tanggal 30 Maret merupakan hari bersejarah untuk Palestina.

“Land Day” pada tanggal 30 Maret diperingati atas tragedi pembunuhan enam demonstran Arab yang tidak bersenjata di Israel pada tahun 1976. Sedangkan tanggal 15 Mei, di mana orang-orang Paletina menyebutnya sebagai Nakba atau malapetaka.

Di hari itu, lebih dari 700.000 orang Palestina melarikan diri dari tanah mereka selama perang dengan Israel. (Vina)

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here