Pagi Ini Jokowi dan Ma’ruf Amin Rapat Intern Bahas UU Cipta Kerja

60

Jakarta, Muslim Obsession – Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Jumat pagi (9/10/2020) dijadwalkan menggelar rapat intern guna membahas Omnibus Law undang-undang (UU) Cipta Kerja yang telah disahkan DPR. Rapat juga akan dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Dikutip dari laman wapres.go.id, Jumat pagi, rapat intern tersebut akan dilakukan Wapres Ma’ruf Amin melalui video konferensi dari kediaman dinas Wapres, Jakarta Pusat.

Rapat ini juga sekaligus akan membahas situasi terkini dimana UU sapu jagat itu rupanya mendapat penolakan besar dari masyarakat. Sementara Presiden dan Wakil Presiden belum pernah memberikan komentar terkait hal itu.

Padahal aksi unjuk rasa yang menimbulkan kerumunan massa di tengah pandemi Covid-19 itu terjadi di hampir seluruh kota. Tidak hanya unjuk rasa, tetapi kerusuhan juga terjadi hingga perusakan fasilitas umum.

Gelombang penolakan tersebut terjadi karena mereka menilai aturan dalam UU Cipta Kerja merugikan masyarakat, yang kebanyakan berstatus sebagai pekerja atau buruh.

Dalam UU itu, salah satunya dicantumkan soal penghapusan perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT) yang dinilai akan memasifkan pemberlakuan kerja kontrak.

Kemudian, soal pembayaran pesangon yang dinilai berkurang, cuti hamil serta haid bagi pekerja perempuan yang dinilai dihilangkan dan berbagai permasalahan lainnya.

Adapun di tengah banyaknya aksi penolakan pada Kamis (8/10/2020), Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Tengah untuk mengecek lahan proyek lumbung pangan nasional.

Sementara Wapres Ma’ruf Amin juga menggelar beberapa rapat intern tanpa bersuara soal reaksi masyarakat atas UU Cipta Kerja tersebut. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here