Orang yang Enggan Sedekah Pun Didoakan Malaikat

371
Ilustrasi berinfak atau bersedekah (Foto: Istimewa)

Muslim Obsession – Kelak pada hari kiamat, di saat seluruh manusia berkumpul di padang mahsyar yang sangat panas, setiap orang akan dibangkitkan dalam keadaan tenggelam oleh keringatnya sendiri sesuai dengan kadar dosanya.

Saat itu, ada yang tenggelam sampai di mata kakinya, ada yang tenggelam sampai di lututnya, di perutnya, di dadanya, bahkan ada yang tenggelam dengan keringatnya sendiri hingga ke kepalanya sampai Allah datang untuk menghakiminya.

Namun, berdasarkan hadits riwayat Bukhari dan Muslim ada tujuh golongan yang selamat dari gejolak panasnya matahari di padang Mahsyar. Salah satunya ialah mereka yang bersedekah dengan tangan kanannya, sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui.

Keutamaan lain bagi orang yang bersedekah, sebagaimana hadits riwayat Tirmidzi mengatakan bahwa sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.

Ternyata, betapa pentingnya bersedekah sampai Rasul yang kita cintai menyuruh kita menjaga diri kita dari api neraka, walau hanya dengan sebutir kurma yang disedekahkan.

“Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimah thayyibah” (HR. Bukhari 6539, Muslim 1016).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here