Orang Turki Minum Teh 1.300 Cangkir Per Tahun, Bahaya atau Manfaat?

1170

Keistimewaan Teh Melawan Radikal Bebas

Jangan salah, Indonesia juga gemar minum teh. Rupanya, teh mengandung antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. Namun tidak hanya itu, manfaat antioksidan juga sekaligus sanggup menekan risiko berbagai penyakit.

Dua jenis antioksidan dari teh adalah antosianin dan proantosianidin yang berperan membantu tubuh melawan peradangan. Ada pula antioksidan dari teh, yaitu katekin yang membantu mencegah kanker.

Dilansir Alo Dokter, Polifenol merupakan salah satu jenis antioksidan lain yang terkandung di dalam teh. Antioksidan ini sangat aktif melawan radikal bebas yang menyerang sel tubuh termasuk membantu melawan sel kanker. Selain itu, ada pula antioksidan jenis flavonoid yang bersifat menetralkan yang umumnya dikandung semua jenis teh.

Proses detoksifikasi dari antioksidan dapat mencegah pembentukan gumpalan darah, aterosklerosis, dan kanker. Beragam penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang minum teh dua kali atau lebih secara teratur, memiliki tingkat kolesterol jahat (LDL) yang lebih rendah, serta dihadapkan kepada risiko sakit jantung dan stroke yang lebih rendah.

Teh hijau dan teh hitam tergolong mengandung antioksidan sepuluh kali lebih banyak dibandingkan kadar antioksidan dari sayur-sayuran dan buah-buahan.

Secara khusus, teh hijau dan teh hitam juga disebut mampu mendorong metabolisme untuk menurunkan berat badan, mencegah respons alergi, melindungi tulang, memperbaiki kondisi kulit, dan mengurangi bau mulut.

Lebih jauh lagi, kedua teh tersebut bermanfaat dalam melawan kelompok penyakit yang lebih berat, seperti memperlambat pertumbuhan tumor, mencegah diabetes dan melindungi dari penyakit Parkinson.

Meski pada dasarnya semua teh berasal dari tanaman yang sama, namun proses pengolahannya yang akan membedakan hasil akhir.

Teh hijau tidak mengalami fermentasi, melainkan dibiarkan layu secara alami kemudian diuap. Di lain sisi, teh hitam dan teh-teh jenis lain umumnya ditumbuk kemudian difermentasi. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here