NU Sediakan Ribuan Tiket Mudik Gratis

476
Mudik NU
Mudik Bareng NU yang digelar tahun lalu. (Foto: Liputan 6)

Jakarta, Muslim Obsession – Ribuan tiket gratis disiapkan PBNU bagi para calon peserta mudik lebaran tahun ini. Caranya, calon peserta mudik mengisi formulir di Gedung PBNU Kramat Raya 164 Jakarta Pusat hari Ahad, 28 April 2019.

“Calon peserta mudik datang sendiri ke Gedung PBNU. Kami layani dari jam sepuluh pagi sampai dua siang,” ujar salah satu panitia Mudik Bareng NU 2019, Syarif Hidayat, Kamis (25/4).

Wakil Sekretaris LTM PBNU tersebut menuturkan, seperti pendaftaran pada tahap sebelumnya yang berlangsung Ahad 14 April 2019 lalu, pendaftar mudik disyaratkan membawa foto copy KTP atau KTP atau Kartu Keluarga. Satu KK berhak mendaftarkan untuk maksimal tiga orang.

Menurutnya, sekitar seribu calon pemudik telah melakukan pendaftaran pada tahap pertama. Masih ada dua ribu kursi yang masih tersisa dan dapat dipilih pada tahap kedua, selain jurusan Situbondo/Bondowoso dan Probolinggo/Pasuruan yang telah terpenuhi kuotanya.

“Dua ribu kursi yang tersisa adalah untuk jurusan lain selain jurusan Situbondo/Bondowoso dan Probolinggo/Pasuruan,” katanya seperti dilansir NU.

Adapun jurusan atau kota tujuan lainnya pada Mudik Berkah Bareng NU tahun ini Kuningan, Cilacap, Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Kudus, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, Malang, Mojokerto, Madiun, Banyuwangi, via Situbondo, Banyuwangi via Jember, Surabaya, Sumenep, Pamekasan. Selain kota-kota di Jawa juga tersedia tujuan Sumatera, yakni Tulang Bawang dan Metro di Provinsi Lampung.

Para calon peserta yang telah terdaftar pada tahap satu dan dua, nantinya menukarkan dengan tiket asli pada Ahad 12 Mei 2019 pukul 15.00 WIB. Penukaran tiket asli berlangsung di Masjid Raya Hasyim Asy’ari Daan Mogot, Jakarta Barat. Penukaran tiket asli tidak boleh diwakilkan kepada pihak lain.

“Panitia mengagendakan buka puasa bersama dan penyerahan bakti sosial untuk anak-anak. Target kami 240 anak yatim piatu yang menerima manfaat santunan,” imbuh Syarif.

Agenda penukaran tiket asli tersebut, setiap calon peserta diminta menyerahkan infak yang berbeda-beda untuk setiap kota tujuan. Yakni Rp20.000 untuk tujuan Jawa Barat; Rp30.000 untuk tujuan Jawa Tengah; sertaRp40.000 untuk peserta Jawa Timur dan Sumatera.

Adapun pemberangkatan mudik gratis sendiri rencananya dilaksanakan di Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari di Jalan Raya Daan Mogot, Kamis 30 Mei 2019.

Untuk mengangkut para peserta mudik gratis, panitia menyiapkan 50 unit bus. Selain itu panitia juga menyiapkan 12 unit bus untuk arus balik yang dilaksanakan pada 15 Juni 2019. Rincian armada arus balik adalah tujuh bus dari Jawa Timur; dan lima bus dari Jawa Tengah.

Pemberangkatan arus balik dengan koordinasi dan tempat PWNU/PCNU di Jateng dan Jatim. Rinciannya adalah tiga bus dari PWNU Jatim, dua bus berangkat dari PWNU Jateng, serta masing-masing satu bus dari PCNU Banyuwangi, PCNU Situbondo, PCNU Pasuruan, PCNU Mojokerto, PCNU Karanganyar, PCNU Rembang, dan PCNU Purwodadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here