Niat Ingin Diet, Ternyata Ada Potensi Haram di Kenikmatan Sereal!

1210

Minyak Nabati

Minyak nabati, dari proses pembuatannya perlu diperhatikan apakah digunakan bahan penolong yang kritis, misalnya asam sitrat untuk degumming atau arang aktif untuk decolorisasi.

Asam sitrat adalah produk mikrobial yang harus diperhatikan media pertumbuhannya terbebas dari najis. Sedangkan sumber bahan decolorisasi, bisa berasal dari arang aktif, semisal dari kayu, batubara atau berasal dari tulang yang harus berasal dari hewan halal dan penyembelihan yang halal pula.

Gula

Gula, titik kritis haramnya adalah pada bahan-bahan penolong proses pembuatan gula. Yaitu jika digunakan enzim pada gula rafinasi yang dibuat dari raw sugar. Enzim bisa bersumber dari nabati, hewani atau mikrobial.

Perlu dicermati jika enzim dari hewani, apa sumber hewannya dan cara penyembelihannya. Sedangkan untuk enzim mikrobial, maka harus dipastikan media dan bahan penolong proses tidak berasal dari bahan haram dan najis.

Jika digunakan pemucat gula karbon aktif, maka harus dipastikan sumber bahan karbon aktifnya. Bahan karbon aktif disebut halal jika berasal dari batubara atau nabati misalnya kayu. Sedangkan jika karbon aktif dari tulang, maka harus dipastikan terlebih dahulu sumber tulangnya hewan apa dan cara penyembelihannya.

Pada pembuatan gula juga, kadang digunakan bahan penolong resin penukar ion. Untuk memastikannya, maka resin tidak menggunakan gelatin dari hewan haram sebagai dispersant agent.

Ekstrak Malt

Ekstrak malt.Apabila berasal dari nabati dan tanpa bahan tambahan, maka bahan ini tidak menjadi kritis. Namun, bisa menjadi kritis apabila pada saat mengekstrak digunakan bahan penolong enzim. Titik kritis enzim harus memperhatikan sumbernya berasal dari sumber yang halal.

Emulsifier

Emulsifier lesitin nabati, menjadi kritis apabila terdapat bahan tambahan semisal enzim phospholipase. Harus diperhatikan sumber enzim dan media produksi, jika enzim tersebut berasal dari mikrobial.

Perisa

Perisa atau flavor merupakan bahan kompleks. Titik kritisnya adalah pada sumber bahan penyusun dan fasilitas produksi flavor tersebut. (Vina)

1
2
3
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here