Niat Ingin Diet, Ternyata Ada Potensi Haram di Kenikmatan Sereal!

1091
Sereal (Foto: Istimewa)

Sereal pada umumnya dijadikan pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan sarapan dalam kepadatan pagi hari sebelum bekerja, atau sore hari antara makan siang dan makan malam.

Karena kandungannya yang konon kaya mineral, protein dan gizi, sereal kerap dijadikan makanan sela yang diyakini dapat menjaga badan tetap energik sepanjang hari. Makanan sereal seringkali dipromosikan sebagai penunjang kesehatan dengan memakan sarapan yang berserat tinggi.

Oleh karena itu, selain sereal praktis sereal juga enak disantap. Dalam penyajiannya hanya dibutuhkan mangkuk, susu cair maupun yogurt dan sereal yang sesuai selera.

Ada banyak jenis sereal yang selama ini lazim dikonsumsi. Menurut Blodsky.com, ada beberapa jenis sereal sehat yang baik untuk tubuh, di antaranya:

  1. Sereal gandum. Gandum adalah kelompok tanaman serelia dari suku padi-padian yang kaya akan karbohidrat dan merupakan sumber vitamin E dan serat. Bila dibandingkan dengan serealia lainnya, sereal gandum memiliki sedikit lemak, kolesterol jahat, mudah dicerna. Sereal manis ini bisa mengontrol rasa lapar untuk waktu yang lebih lama. Jadi, jika Anda sedang diet, Anda dapat makan sereal gandum untuk menurunkan berat badan dan membersihkan racun dari tubuh.
  2. Sereal oat atau haverHaver dikenal sebagai oat, yang merupakan serelia yang tumbuh di daerah beriklim subtropis dan sedang. Penjajah Belanda mengenalkan sereal ini kepada penduduk Indonesia dengan nama havermut. Sereal haver mengandung banyak vitamin dan asam folat. Anda bisa mencampurnya dengan madu dan irisan buah-buahan segar.
  3. Sereal jelai. Jelai adalah sejenis serealia untuk pakan ternak, penghasil malt, dan sebagai makanan kesehatan. Jelai sendiri termasuk dalam anggota suku padi-padian. Pasien diabetes wajib makan sereal jelai. Jelai mengontrol kadar gula darah dan kaya akan serat, asam amino, anti-oksidan dan seng.
  4. Sereal dari biji-bijian atau kacang. Ini adalah sereal sehat yang dibuat dari biji-bijian atau kacang. Sereal jenis ini mengandung banyak vitamin D, asam folat, dan serat.
1
2
3
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here