Ngeri! Lubang Lapisan Ozon Kini Lebih Besar dari Antartika, Ini Dampaknya

68

Muslim Obsession – Para ilmuwan menyatakan bahwa lapisan ozon di belahan bumi selatan, lapisan pelindung di atas bumi, telah tumbuh lebih besar dari biasanya tahun ini, melebihi ukuran Antartika.

Layanan Pemantauan Atmosfer Copernicus Uni Eropa mengatakan pada hari Kamis bahwa apa yang disebut lubang ozon, yang muncul setiap tahun selama musim semi Belahan Bumi Selatan, telah tumbuh pesat dalam seminggu terakhir setelah awal yang rata-rata.

“Prakiraan menunjukkan bahwa lubang tahun ini telah berkembang menjadi lebih besar dari biasanya,” kata Vincent-Henri Peuch, yang mengepalai layanan pemantauan satelit Uni Eropa.

“Kami melihat lubang ozon yang cukup besar dan berpotensi juga dalam,” katanya, dilansir Daily Sabah, Jumat (17/9/2021).

Ozon atmosfer menyerap sinar ultraviolet yang berasal dari matahari. Ketiadaannya berarti lebih banyak radiasi berenergi tinggi ini mencapai Bumi, di mana ia dapat membahayakan sel-sel hidup.

Peuch mencatat bahwa lubang ozon tahun lalu juga dimulai dengan luar biasa tetapi kemudian berubah menjadi salah satu yang paling tahan lama dalam catatan.

Protokol Montreal, yang ditandatangani pada tahun 1987, menyebabkan larangan sekelompok bahan kimia yang disebut halokarbon yang dipersalahkan karena memperburuk lubang ozon tahunan.

Para ahli mengatakan bahwa sementara lapisan ozon mulai pulih, kemungkinan akan memakan waktu hingga tahun 2060-an agar zat perusak ozon yang digunakan dalam pendingin dan kaleng semprot benar-benar hilang dari atmosfer.

Apa Dampaknya?

1. Pengaruh cuaca

Apabila daerah di bagian utara bumi ( kutub utara ) akan memanas lebih dari daerah-daerah lain di bumi, dengan kondisi demikian maka akan berakibat antara lain:

a.       gunung – gunung es mencair

b.      daratan kian mengecil

c.       daerah – daerah yang sebelumya mengalami salju ringan mungkin tidak akan menerimanya lagi

d.      di daerah subtropis again pegunungan yang ditutupi salju akan semakin sedikit serta salju akan lebih cepat mencair

e.       musim tanam akan menjadi lebih panjang di beberapa area, temperatur pada musim dingin dan malam hari akan cenderung meningkat

f.       daerah tropis akan menjadi lembap karena lebih banyak air yang menguap dari lautan

2. Pengaruh kenaikan permukaan laut

Ketika atmosfer menghangat, lapisan permukaan lautan juga akan menghangat sehingga volumenya akan membesar dan menaikkan tinggi permukaan laut. Peningkatan tinggi muka air laut 30% berasal dari pencairan es dan sisanya berasal dari pemuaian air akibat peningkatan temperatur.

Apabila separuh es di Greenland dan antartika meleleh maka terjadi kenaikan permukaan air laut di dunia rata – rata setinggi 6-7 meter. Perubahan tinggi permukaan air laut sangat mempengaruhi kehidupan, antara lain:

a.       Apabila kenaikan air laut mencapai muara sungai, banjir akibat air pasang pun akan meningkat di daratan.

b.      Apabila kenaikan air laut sedikit saja, pengaruhnya akan cepat terlihat di ekosistem pantai. Rawa – rawa pantai yang telah ada akan tenggelam dan akan terbentuk rawa – rawa baru.

c.       Banyak pulau – pulau yang hilang akibat tenggelam, serta akan terjadinya erosi dari tebing, pantai, dan bukit pasir akan meningkat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here