Muslimah ini Jadi Korban Islamofobia di Australia

424
Hijab (Foto: Istimewa)

Australia, Muslim Obsession – Ketua Pekerja Sosial di Universitas Western Sydney Linda Briskman dan Margaret Whitlam mengatakan, perempuan berada di posisi rentan ketika berada di ruang publik. Ketika mereka menjadi sasaran, anak-anak juga terkadang ikut terdampak serangan tersebut.

Selain itu liputan media juga semakin memperparah tingkat Islamofobia di masyarakat. Menurut penelitian, ada peningkatan tiga kali lipat setelah rencana jangka pendek Pemerintah Federal 2014 melarang perempuan mengenakan cadar.

Seorang ibu dua anak asal Sydney, Gada Omar, diancam oleh sekelompok pria saat duduk bersama dua teman di sebuah pusat perbelanjaan di pinggiran kota Sydney, Rouse Hill. Saat inisden itu terjadi ada banyak orang di sekitarnya.

“Dan tiba-tiba kita mendengar seorang pria berkata, ‘Apakah Anda sudah melihat  banyak Muslim yang sedang marah di sana?’ Kami melihat ke atas dan ada lima orang berdiri di depan kami, mereka mungkin berusia awal 20-an. Mereka berkata kepada kami, ‘Apakah Anda tahu seperti apa bentuk baru,” jelas Gada menceritakan pengalaman pahitnya seperti dikutip abc.net.au, Selasa (11/12/2018).

Ketika itu tak ada orang yang memedulikannya. Rasanya sungguh menyedihkan. Dia sekarang menghindari Rouse Hill jika hari mulai gelap.

Insiden itu juga berdampak pada putranya yang berusia 13 tahun. “Dia tidak suka pergi setelah gelap ke daerah-daerah tertentu, dia panik,” kata Gada. Menurut penelitian, hanya 31,8 persen dari serangan yang dilaporkan ke polisi. Sedangkan yang diproses kemudian hanya sepertiganya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here