Muslim Ontario Bahagia Akhirnya Punya Masjid di Chatham

87

Muslim Obsession – Setelah berjuang selama bertahun-tahun, komunitas Muslim di Chatham, Ontario, akhirnya mendapatkan tempat yang layak untuk mendirikan shalat mereka.

Situasinya menjadi lebih baik bulan ini setelah Chatham Islamic Center membuka pintunya di gedung baru di bekas Gereja Presbiterian St. James.

“Kami telah menyambut kehadiran Muslim di Chatham sejak lama. Dan mereka melakukan pekerjaan luar biasa dengan bekerja dengan kelompok lintas agama seperti di dapur umum dan semua jenis kegiatan antaragama,” kata Amir Naveed, presiden Pusat Islam Chatham, dilansir CBC, Kamis (25/2/2021).

“Mereka pindah karena mereka tidak menemukan tempat di Chatham… beberapa teman dekat keluarga kami benar-benar pindah kembali ke Toronto karena Chatham tidak memiliki apa pun untuk seluruh keluarga,” jelasnya.

Baca Juga: Muslim di Queenstown Bahagia Rayakan Pembukaan Masjid Pertama

Komunitas Muslim sangat antusias dengan gedung baru ini, melihatnya sebagai tempat yang memungkinkan mereka untuk berkembang dan meneruskan ajaran Islam kepada generasi muda.

“Ini bukan hanya sebuah bangunan. Ini adalah konsep keseluruhan karena budaya Muslim secara keseluruhan, masyarakat Muslim didasarkan pada bagaimana Anda harus mengenal sesama,” jelasnya.

“Kamu harus tahu siapa yang datang untuk berdoa. Ini tidak hanya seperti Anda datang berdoa dan kemudian pulang. Anda ingin mereka duduk… di masjid dan mengobrol,” imbuh dia.

Naveed mengatakan bahwa komunitas telah dipenuhi dengan kegembiraan tentang gedung baru dan kegiatan baru yang direncanakan. Menurutnya, masyarakat sangat antusias dengan gedung baru dan kegiatan baru yang direncanakan.

Rizwan Khan, warga lama Chatham dan anggota grup, mengatakan dia bangga menjadi bagian dari komunitas dan berterima kasih atas dukungan finansial mereka.

“Terima kasih Tuhan telah memberi kami kesempatan ini. Semua orang di komunitas senang dan terutama dengan masa-masa sulit,” ujarnya.

“Kami tidak dapat melakukan semua hal yang biasanya biasa dilakukan ketika kami memiliki tempat baru. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk membatasi jumlah orang yang masuk,” m tuturnya.

Khan dan Naveed mengatakan pusat tersebut akan menyelenggarakan berbagai kegiatan dan inisiatif, termasuk layanan parenting dan gym khusus wanita.

“Saya belum melihat seluruh komunitas kami ini bersemangat. Semua orang ingin datang … kami sangat, sangat bersemangat,” serunya.

Menurut badan statistik negara, Statistics Canada, Muslim adalah komunitas agama yang tumbuh paling cepat di Kanada.

Populasi Muslim Kanada meningkat 82 persen selama dekade terakhir. Muslim mewakili 3,2 persen dari total populasi Kanada.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here