Muslim di Inggris Diimbau Agar Shalat Ied di Rumah

92

London, Muslim Obsession – Dewan Muslim Inggris (MCB) telah memperingatkan umat Muslim untuk menghindari pertemuan besar dalam merayakan Idul Fitri. Hal ini untuk mempertahankan langkah-langkah social distancing.

Di tengah pandemi coronavirus, pedoman pemerintah di Inggris telah menutup tempat-tempat ibadah selama sembilan minggu terakhir dan membatasi sosialisasi.

Keempat negara di Inggris – Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara – semuanya telah menerapkan versi mereka sendiri dari langkah-langkah lockdown.

Untuk itu MCB mengimbau agar umat Muslim melaksanakan shalat Ied di rumah masing-masing.

“Sementara lebaran ini belum pernah terjadi sebelumnya dan akan menjadi sumber kesedihan yang luar biasa di masyarakat di seluruh negeri. Komunitas Muslim akan beradaptasi dan menemukan cara terbaik untuk tetap merayakan hari besar ini,” ujar Sekretaris Jenderal MCB Harun Khan, seperti dilansir Arab News, Rabu (20/5/2020).

Biasanya Muslim akan berada di masjid-masjid sejak pagi, dan setiap rumah penuh dengan keluarga besar dan teman-teman yang semuanya berkumpul bersama.

Dia menambahkan, “Setiap tahun orang berpakaian rapi dan bagus lalu pergi ke masjid dan mengambil bagian dalam hal yang sangat penting ini.”

Qari Mohammed Asim – imam senior di Masjid Makkah di Leeds, dan ketua Dewan Penasihat Nasional Masjid mengatakan, meskipun pembatasan itu menyakitkan, komunitas Muslim Inggris akan bertahan.

“Ini adalah sesuatu yang tidak terpikirkan enam bulan lalu, tetapi hari yang tidak terpikirkan ini telah menjadi kenyataan,” tandasnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here