Muslim di Cumbria Selatan Kembali Lanjutkan Pembangunan Masjid Pertama 

36

Muslim Obsession – Komunitas Muslim di South Cumbria County di Inggris Barat Laut sekarang semakin dekat untuk mewujudkan impian masjid pertama mereka sejak gangguan yang disebabkan oleh pandemi COVID-19.

Sebagai ujung tombak proyek, South Lakes Islamic Center (SLIC) akan menyerahkan rencana pembangunan masjid kepada Dewan Borough Barrow dalam beberapa bulan ke depan.

Padahal rencana tersebut pertama kali diajukan pada 2019, COVID-19 menyebabkan gangguan yang tidak terduga. Sekarang, SLIC percaya bahwa pusat doa baru di Crooklands Brow adalah lokasi yang ideal bagi penduduk Muslim setempat dengan Rumah Sakit Umum Furness hanya beberapa mil jauhnya.

“Kami idealnya ingin dekat dengan Rumah Sakit Umum Furness tetapi tidak dapat menemukan properti/tanah yang sesuai dan karenanya Dalton menjadi pilihan terbaik berikutnya, meliputi Askam, Ulverston, Lindal, Urswick, dan Greenodd,” kata juru bicara SLIC kepada The Mail .

“Rumah Sakit Umum Furness sendiri memiliki 40-50 dokter/dokter Muslim yang berpraktik, ditambah tambahan keluarga profesional, komunitas bisnis, dan pekerja perdagangan lainnya yang akan membutuhkan fasilitas salat, pemakaman, pengajaran, dan komunitas dasar.

“Sekarang masjid terdekat adalah Lancaster yang berjarak 50 mil dan karena kurangnya fasilitas dasar, kami melihat tingkat gesekan yang besar di antara keluarga Muslim yang pergi ke kota lain yang lebih mapan.”

Pusat ini juga akan membantu mengembangkan komunitas South Lakes yang lebih beragam dan bersatu, menurut SLIC.

“Ini pasti akan memberikan rasa identitas dan milik komunitas Muslim di sini di South Lakes,” kata juru bicara itu.

“Orang-orang dari komunitas yang lebih luas dapat datang dan mengamati tentang apa sebenarnya agama Islam itu dan kekayaan keragaman dan budaya yang dibawanya ke daerah tersebut – ini akan mempromosikan rasa pelayanan masyarakat di dalam diri umat Islam dengan menggunakan pusat tersebut sebagai pusatnya.”

Cumbria adalah daerah seremonial dan non-metropolitan di Inggris Barat Laut. Kabupaten ini muncul pada tahun 1974 setelah pengesahan Undang-Undang Pemerintah Daerah 1972.

Islam, tidak seperti di sebagian besar wilayah Inggris, bukanlah agama paling umum kedua di Cumbria.

Pada tahun 2001, 747 orang menganut agama tersebut (hampir 0,2% dari populasi Cumbria), dengan konsentrasi Muslim terbesar ditemukan di Carlisle, Barrow, dan Kendal.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here