Musim Dingin, Relawan Indonesia Kirim Bantuan untuk Rakyat Palestina dan Suriah

195

Jakarta, Muslim Obsession – Relawan Indonesia Eko Sulistio kembali mendatangi Jordania melakukan aksi kemanusian dengan mengirimkan sejumlah bantuan untuk diberikan kepada pengungsi Palestina dan Suriah. Bantuan tersebut bertepatan dengan musim dingin ekstrem yang melanda negara itu.

Eko mengatakan, tersebarnya para pengungsi Palestina dan Suriah di kamp-kamp daerah berbatasan Jordania sangat menyulitkan pendistribusian. Terlebih disaat musim dingin ekstrem yang mencapai suhu minus 12 derajat celcius. Ditambah pandemi Covid-19. Situasi ini kata Eko menambah beratnya pendistribusian.

“Melihat cuaca ekstrem yang begitu para, maka para pengungsi ini sangat membutuhkan bantuan bahan makanan dan alat pelindung diri. Karena tidak ada bantuan dari negara-negara luar,” ujar Eko kepada Muslim Obsession, Kamis (28/1/2021).

Adapun bantuan yang diberikan antara lain, perlengkapan musim dingin, seperti selimut, jaket, sarung tangan, kaos kaki, tenda keluarga dan mesin pemanas. Serta masker, vitamin, hanitizer. Di sana Eko dibantu Himpunan Pelajar & Mahasiswa Indonesia di Jordania, serta bantuan KBRI Amman Jordania.

Eko menyebut bantuan datang dari masyarakat Indonesia melalui beberap lembaga kemanusian. Salah satunya Baznas, DT Peduli, Yayasan Hasanah Titik, BNI Syariah, Majelis Taklim XL, Rumah Kebaikan, Vila Parfum Peduli, dan beberapa bantuan personal.

Bantuan yang sudah didistribusikan, yakni:

– Beras Total Sebanyak 6 Ton Beras.
– Cooking Oil / Minyak Goreng Total Sebanyak ± 4.000 Liter .
– Bawang Merah 4000Kg
– Kacang Kacangan ± 4.000Kg
– Gula ± 4000Kg
– Mie Kuning ±20.000 Pack
– Mie Putih ±2.000 Pack
– Garam ±4000Kg
– Tepung ±4000kg
– Susu 2.000 ±Kaleng
– Kentang ± 4000 Kg
– Keju 1000 Batang
– Roti 1000Kg
– 2000 Biscuit
– Coklat 1000 Batang.
– Selimut 1000 Lembar
– Kaus kaki 1000 Pasang
– Sarung Tangan 1000 Pasang
– Jacket / Sweater 1000 Pcs
– Masker Masker 5000 Pcs
– Handsanitizer 500 Liter
-Obat Obat Flu Dan Radang Tenggorokan 500 Pack
– Vitamin Vitamin C Supplement Sebanyak 1000 Pack
– 500 Mainan Anak Anak
– 500 Mushaf ALQUR’AN
– 1000 Packet Higienis Kit

“Paket bantuan makanan keluarga ini di peruntukan untuk 1000 kepala keluarga yang Ter1Sebar di kamp pengungsian Palestina dan Suriah di Jordania,” ucap Eko.

Kamp-kamp pengungsian antara lain, kamp Pengungsian Suriah AlBay’ah provinsi Mafraq, Jordania perbatasan dengan Suriah. Kamp pengungsian Suriah, Kamp Ummusarb di Provinsi di Mafraq Jordania, perbatasan Suriah

Kamp pengungsian Suriah, Camp Huwaizah, di provinsi Mafraq Jordania, perbatasan Suriah. Kamp Pengungsian Palestina, Kamp Suff di provinsi Jerash, Jordania, Kamp Pengungsian Palestina Gaza, dii provinsi Jerash Jordania. Pengungsian Palestina di kamp Syuk’nah di Provinsi Zarqo, Jordania.

Menurut Eko tersebarnya para pengungsi di perbatasan-perbatasan Jordania, terutama para Pengungsi Suriah, sangat menyulitkan pada saat pendistribusian bantuan. Apalagi di masa pandemi COVID-19 tidak dibolehkan berkumpul. Sehingga relawan kemanusiaan harus mendatangi kamp-kamp pengungsian satu persatu.

“Kondisi di Kamp banyak yang rusak karena dihantam badai salju, sehingga ditinggalkan para pengungsi. Musim dingin ekstrem ini juga mengakibatkan para pengungsi menderita ISPA Dan Hypothermia,” jelasnya.

Kondisi ini diperparah dengan tidak adanya hak untuk mendapat pekerjaan, tidak adanya hak untuk memperoleh pendidikan, tidak adnya hak untuk mendapatkan fasilitas kesehatan. “Ini menambah penderitaan saudara kita yang hidup di kamp pengungsi Palestina,” jelasnya. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here