Museum Islam di Melbourne Tuai Pujian Warga Australia

177
Islamic Museum Australia

Melbourne, Muslim Obsession – Islamic Museum of Australia (IMA) adalah museum komunitas di Thornbury, Melbourne. Museum itu dimulai sebagai yayasan nirlaba yang didirikan pada Mei 2010 dengan tujuan mendirikan museum Islam pertama di Australia.

Selain itu untuk memamerkan warisan artistik dan kontribusi historis umat Islam di Australia dan luar negeri melalui tampilan karya seni dan artefak sejarah.

Museum ini didirikan oleh pengusaha Muslim Australia Moustafa Fahour dengan dukungan pemerintah federal Australia, museum ini adalah museum Islam pertama dan satu-satunya di negara ini.

Sejak dibuka pada tahun 2014, museum telah menampung lebih dari 50.000 pengunjung. Dibuka enam hari dalam seminggu, museum ini menyelenggarakan berbagai konferensi dan acara di berbagai bidang seperti kaligrafi, seni sejarah, lukisan miniatur, kerajinan tangan, dan acara terkini.

“Kami ingin mereka memahami dan belajar tentang keindahan Islam,” kata direktur museum, Maryum Chaudhry seperti dilansir Daily Sabah, Kamis (23/5/2019).

Chaudhry mengatakan para pengunjung dapat belajar lebih banyak tentang sejarah Islam di Australia dan di dunia, para ilmuwan Muslim terkenal, kontribusi Muslim ke Australia, dan konsep dasar Islam.

Dia juga menggarisbawahi bahwa mereka menerima umpan balik positif dan pujian dari pengunjung Australia maupun berbagai negara di dunia. Ia mengungkapkan bahwa sebagian besar pengunjung tidak memiliki pengetahuan sebelumnya tentang komunitas Muslim di negara itu.

“Orang-orang sangat positif dalam pengalaman mereka. Bagi banyak orang, ini adalah pertama kalinya mereka terlibat dengan komunitas Muslim,” kata Chaudhry.

“Mereka telah pergi dengan informasi baru dan terinspirasi. Mereka ingin belajar lebih banyak dan kembali lagi,” tambah Chaudhry.

“Pada hari serangan teroris di Christchurch, Selandia Baru, banyak sekali warga Australia datang ke museum untuk pertama kalinya dengan bunga di tangan mereka,” ujar dia. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here