Musa bin Nushair Penakluk Andalusia dan Seorang Dai Ulung

2121
Andalusia Map (Foto: Istimewa)

Muslim Obsession –  Pernahkah Anda mendengar Al Imam Al Kabir, Musa bin Nushair Sang Penakluk Andalusia? Jika belum. Dialah Musa bin Nushair yang lahir tahun 19 H, seorang panglima yang disegani, ahli siasat dan lelaki yang bertekad bulat. Dialah yang memimpin armada laut kaum muslimin di zaman Mu’awiyah tahun 27 H untuk menaklukkan Cyprus, dan setelah berhasil menguasainya, Musa bin Nushair membangun berbagai benteng pertahanan di dalamnya.

Al-Baghawi menceritakan bahwa Musa menjabat sebagai wali (gubernur) wilayah Afrika pada tahun 79 H, dan berhasil menaklukkan kota-kota dan daerah yang sangat banyak di sana. Musa juga lah yang berhasil menaklukkan negeri Andalusia, sebuah negeri di wilayah Spanyol yang memiliki banyak kota, desa dan perkebunan. Seiring dengan masuknya Andalusia ke pangkuan Islam, beliau menawan sejumlah besar musuh dan mendapat ghanimah yang tak terhitung banyaknya, dari emas dan permata yang tak ternilai.

Alat-alat tesebut adalah, perkakas dan hewan ternak, selain itu anak-anak dan wanita cantik juga jatuh sebagai tawanan, demikian banyak jumlahnya, belum pernah sejarah mencatat kaum muslimin mendapat tawanan yang demikian banyaknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here