Mural-Mural di Yogyakarta Dihapus Jelang Kedatangan Jokowi

67

Yogyakarta, Muslim Obsession – Jelang kedatangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Yogyakarta, aparat Satpol PP langsung menghapus mural-mural yang berisi kritik terhadap pemerintah di tembok sisi timur simpang empat Wirobrajan, Kota Yogyakarta.

Mantri Pamong Praja Wirobrajan Sarwanto mengatakan, setiap hari Jumat pihaknya berkeliling untuk melakukan penghapusan vandalisme-vandalisme yang ada di Wirobrajan terutama vandalisme yang memuat provokasi.

“Kami dari kemantren (Kecamatan) Wirobrajan ini melihat banyak tulisan vandalisme menjurus provokatif, minggu lalu sebelah selatan sudah dihapus tetapi sekarang di pojok sini karena tulisannya besar-besar pagi ini kita bersihkan,” katanya saat ditemui di lokasi, Jumat (10/9/2021).

Ia menambahkan penghapusan vandalisme dilakukan setiap hari Jumat, dan kebetulan hari Jumat ini Presiden Jokowi berkunjung ke Yogyakarta.

“Setiap Jumat kita bersihkan keliling ke wilayah vandalisme apalagi yang tulisannya provokatif. Ya kebetulan juga hari ini, Pak Jokowi datang, Pagi ini satu titik dulu karena sudah berapa puluh meter ini,” jelasnya.

Kepala Jawatan Keamanan Kemantren Wirobrajan Hudi Harsono mengatakan, setiap hari Jumat pihaknya melakukan bersih-bersih vandalisme yang ada di sekitar kemantren Wirobrajan.

“Kita lakukan pembersihan mungkin spot-spot khusus dulu. Mungkin karena ada kedatangan Pak Jokowi kita utamakan spot ini dulu,” katanya.

Untuk hari ini, pihaknya menghapus mural di satu titik yakni di Simpang Empat Wirobrajan karena di lokasi ini vandalisme cukup luas.

“Hari ini sini dulu di sepanjang pojokan timur Wirobrajan ini. Biasanya target satu kaleng habis ya sudah,” tutupnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji membenarkan bahwa Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan ke Yogyakarta. Menurut informasi yang ia dapat Jokowi datang ke Yogyakarta kemarin sore.

“Besok beliau ke Gedung Agung, dan memantau vaksinasi kemungkinan besar juga memantau vaksinasi di SLB dan Jumatan,” katanya.

Setelah Jumatan lanjut Aji, Presiden Jokowi juga berencana akan meresmikan gedung Muhammadiyah di Sedayu.

“Meresmikan gedung Muallimin Muhammadiyah di Sedayu, kunjungan peninjauan vaksinasi dan ke Kepatihan,” kata dia. (Albar)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here