Mungilnya ‘Mir Mahmood Saheb’, Masjid Terkecil di Dunia

294
Masjid Mir Mahmood Saheb (Foto: About Islam)

Hyderabad, Muslim Obsession – Jika Anda mengunjungi masjid Mir Mahmood Saheb di Hyderabad, India suatu hari nanti, Anda akan terkejut oleh struktur miniatur yang megah dan menakjubkan dari masjid tersebut.

Dengan hanya berukuran 9,2 kaki x 12 kaki, dengan total hanya 110 kaki persegi atau 10,21 kaki persegi, masjid mungil ini hanya mampu menampung lima orang jamaah untuk shalat di dalamnya. 

Dikutip dari Hyderabad News, Jumat (29/11/2019) karena ukurannya yang sangat kecil, itulah sebabnya masjid Mir Mahmood Saheb disebut sebagai masjid terkecil di dunia.

Bertengger di atas bukit yang indah di tepi tangki Mir Alam yang berada pada ketinggian 530 meter di atas permukaan laut.

Permata tersembunyi ini terinspirasi dari nama sufi yang datang dari Irak pada masa pemerintahan Abdullah Qutb Shah, pada abad ke-16. 

Masjid Mir Mahmood Saheb dibangun di atas batu dengan hanya satu lengkungan dan dua menara yang sangat kecil.

Masjid mini ini diyakini telah dibangun pada awal abad ke-16 ketika jalur pantai Andhra, termasuk Kondapalli dan benteng lainnya, dianeksasi oleh Sultan Quli dari dinasti Qutb Shahi pada tahun 1530 Masehi.

Sayangnya, waktu telah merayapi bangunan Masjid Mir Mahmood Saheb yang mungil nan megah ini, dengan tanaman liar yang tumbuh di teras dan dindingnya.

Semoga saja pihak berwenang menyadari potensi wisata keajaiban mungil ini dan segera melakukan perbaikan, ya! (Vin)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here