Munas Alim Ulama PBNU Membahas Dua Agenda Besar

69

Jakarta, Muslim Obsession – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) NU pada 31 Juli dan 28 Agustus 2021 mendatang.

Kegiatan itu sedianya akan dihelat pada tahun lalu namun terpaksa harus ditunda akibat wabah virus corona (Covid-19).

Ketua Panitia Munas-Konbes NU, Juri Ardiantoro mengatakan acara tersebut akan digelar secara hybrid dengan kombinasi luring dan daring di enam zona.

“Hasil kesepakatan pimpinan, sebelum Muktamar akan diadakan Munas-Konbes untuk memutuskan dan merumuskan agenda penting. Insyaallah kami akan adakan di akhir Juli dan Agustus,” kata Juri dalam keteranganya, Jumat (18/6).

Juri mengatakan kegiatan tersebut memiliki dua agenda besar. Pertama, pembahasan masing-masing komisi dan bahtsul masail. Kedua, membahas jadwal pelaksanaan Muktamar ke-34 NU yang sebelumnya sempat ditunda di bulan Oktober tahun ini.

Ia mengatakan rangkaian kegiatan tersebut akan digelar dalam dua tahap. Tahap pertama, pembukaan yang berlokasi di Jakarta yang digelar pada 31 Juli 2021. Sementara, tahap kedua, pleno pengesahan hasil komisi serta rekomendasi waktu pelaksanaan Muktamar NU pada 28 Agustus.

Di tahap pertama, akan dilaksanakan rapat pleno pembahasan tata tertib dan pembagian komisi-komisi. Komisi-komisi itu akan menggelar sidang, baik secara luring terbatas maupun daring yang diikuti dari enam zona.

Enam zona itu dibagi untuk setiap komisi yakni, Sumatera Utara untuk komisi program, Banten (komisi organisasi), DKI Jakarta di Gedung PBNU (komisi rekomendasi). Sementara untuk komisi bahtsul masail maudhuiyah berlokasi di Sarang, waqiiyah di Bali, dan Qanuniyah di Kalimantan Barat.

“Banten dan Bali sudah menyatakan siap. Sumut belum terkonfirmasi, Kalimantan Timur bisa dijadikan sebagai pengganti Pontianak (Kalimantan Barat), Jakarta siap, dan Rembang,” kata dia. (Albar)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here