Mulai Hari Ini, IIBF 2019 Kembali Digelar di Jakarta Convention Center

365
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka Indonesia International Book Fair (IIBF) yang digelar Ikapi di JCC Senayan, Jakarta, pada Rabu (4/9/2019).

Jakarta, Muslim Obsession – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka Indonesia International Book Fair (IIBF) yang digelar Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, pada Rabu (4/9/2019).

Dalam sambutannya Anies mengapresiasi Ikapi yang secara konsisten menggelar kegiatan pameran buku hingga mencapai yang ke-39 kali pada tahun ini. Menurutnya, untuk sebuah kegiatan, IIBF tergolong berusia cukup panjang.

“Tetapi usaha untuk memajukan literasi, rutenya masih lebih panjang lagi. Dibutuhkan lebih dari 39 tahun untuk menggerakkan literasi di Indonesia,” kata Anies.

Anies berharap konsistensi Ikapi dapat membuahkan peningkatan kemampuan literasi bangsa Indonesia.

Sementara itu Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf), Ricky Joseph Pesik yang turut membuka IIBF 2019 itu menyampaikan, kegiatan ini semestinya dimanfaatkan dengan menjadi tuan rumah yang baik untuk sebuah platform internasional industri penerbitan. Literasi dan industri penerbitan Indonesia, ke depannya harus mengambil peran di kancah global.

“Kegiatan ini mempertemukan berbagai sektor industri kreatif agar tercipta kerja sama lebih lanjut ke depannya. Apalagi ini sudah yang ke-39 kali, sudah saatnya kita tempatkan IIBF pada posisi yang strategis di peta dunia,” tutur Ricky.

Sebanyak 42 penerbit dalam negeri, 20 penerbit mancanegara dan 45 peserta International Partnership Program dari Mesir, China, Malaysia, Korea dan Inggris turut meramaikan IIBF 2019. Penerbit buku luar negeri itu antara lain adalah Harper Collines Publishers, Macmillan, Campbell, Penguin Random House, Priddy Books, Pan Macmillan, Simon & Schuster, dan Scholastic.

Pameran buku ini akan berlangsung mulai tanggal 4 hingga 8 September 2019. IIBF 2019 merupakan pameran buku bertaraf internasional kali ke-39 yang digelar Ikapi sejak 1980 silam. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here