MUI Bertekad Jadi Tenda Besar Umat Islam Indonesia

395
Kiai Ma'ruf - Ijtima
KH Ma'ruf Amin dalam sambutanya pada perhelatan Ijtima Ulama Komisi Fatwa MUI ke-6 di Pondok Pesantren Al-Falah, Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin (7/5/2018). (Foto: Kemenag)

Banjarbaru, Muslim Obsession – Majelis Ulama Indonesia (MUI) memiliki tekad untuk menjadi tenda besar bagi semua komponen umat Islam di Indonesia, tanpa memandang asal usul dan tempat perkhidmatannya.

Demikian dituturkan KH Ma’ruf Amin dalam sambutanya pada perhelatan Ijtima Ulama Komisi Fatwa MUI ke-6 di Pondok Pesantren Al-Falah, Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin (7/5/2018).

“MUI yang merupakan tenda besar umat Islam di Indonesia harus benar-benar bisa merangkul semua komponen umat Islam di Indonesia, di manapun mereka berkhidmah dan beraktifitas,” katanya.

Kiai Ma’ruf menjelaskan, kata ‘umat’ yang dimaksudnya tidak merujuk hanya pada kelompok tertentu saja dan menegasikan yang lain. MUI akan merangkul dan membimbing semua umat Islam di Indonesia, tanpa memandang asal usul dan tempat perkhidmatannya.

Kiai Ma’ruf juga menegaskan bahwa gelaran Ijtima Ulama sangat penting bagi MUI, terutama sebagai forum untuk mengonsolidasikan ormas dan kelembagaan Islam di Indonesia, khususnya yang terkait erat dengan aspek kefatwaan.

Keterlibatan majelis fatwa setiap ormas Islam dalam forum ijtima ulama ini juga mempunyai arti penting, terutama dalam aspek sinergitas dengan komisi fatwa MUI yang keanggotaannya melibatkan semua perwakilan dari mereka. Begitu juga perwakilan dari pondok pesantren dan fakultas syariah perguruan tinggi dalam berkoordinasi menyiapkan ulama dan fuqaha yang handal.

Ijtima’ Ulama Komisi Fatwa MUI ke-6 ini mengusung tema Meningkatkan Peran Ulama Dalam Melindungi dan Memajukan Umat, Bangsa dan Negara. Even tiga tahunan ini dibuka Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mewakili Presiden Joko Widodo.

Gelaran berhimpunnya para ulama ini dihadiri sekitar seribuan ulama, terdiri dari Pimpinan MUI Pusat, Pimpinan MUI Provinsi se-Indonesia, Komisi Fatwa MUI se Indonesia, Perguruan Tinggi Islam se Indonesia, Ormas Islam tingkat pusat, Pimpinan Pondok Pesantren, Pemuka Islam, Cendekiawan, Instansi terkait, serta utusan negara sahabat. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here