Muhasabah: Andai Kita Tahu

313

Saudaraku,

Tidak terasa waktu demikian cepat berlalu dan 99 hari lagi insya Allah kita akan dipertemukan kembali dengan bulan suci Ramadhan. Kebanyakan manusia menjalani kehidupan dunianya begitu saja tanpa meperhitungkan kehidupannya di akhirat kelak.

Padahal seandainya kita tahu betapa beratnya kehidupan setelah kematian, maka kita tidak akan bersantai dalam memanfaatkan waktu kita.

Seandainya kita tahu betapa kita sangat memerlukan akan pahala demi pahala dari amal shalih yang kita lakukan dan semuanya akan ditimbang, maka kita pasti akan berlomba-lomba dalam memperbanyak amal-amal kebaikan.

Seandainya kita tahu betapa dahsyatnya keadaan manusia berdiri di padang Mahsyar kelak, maka kita akan terus berusaha meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah kita sekuat tenaga.

Seandainya kita tahu betapa mengerikannya azab di neraka maka kita pasti akan menangisi kelalaian-kelalaian yang kita perbuat.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

«لَوْ تَعْلَمُونَ مَا أَعْلَمُ لَضَحِكْتُمْ قَلِيلًا، وَلَبَكَيْتُمْ كَثِيرًا»

“Seandainya kalian mengetahui apa yang aku ketahui, sungguh kalian akan sedikit tertawa dan banyak menangis,” (HR. Al-Bukhari)

Saudaraku,
Ternyata sangat dasyat akibat dari kita menyia-nyiakan waktu.

إضاعة الوقت أشد من الموت، لأن إضاعة الوقت تقطعك عن الله والدار الآخرة، والموت يقطعك عن الدنيا وأهلها.
[الفوائد لابن القيم]

“Menyia-nyiakan waktu itu lebih dahsyat dari kematian. Karena menyia-nyiakan waktu itu memutuskanmu dari Allah dan kampung akhirat, sedang kematian itu memutuskanmu dari dunia dan penghuninya.” (Al-Fawa’id, Ibnul Qayyim)

Menyia-nyiakan waktu itu adalah melakukan aktifitas yang melalaikan dari Allah Azza wa Jalla. Karena itu, aktifitas apapun yang kita lakukan jangan sampai membuat lalai dari Allah Azza wa Jalla.

Semoga Allah mengaruniakan hidayahNya kepada kita, sehingga kita tetap istiqamah untuk senantiasa memanfaatkan waktu dengan amalan-amalan terbaik sebagai bekal di akhirat kelak…
Aamiin Ya Rabb.

Wallahu a’lam bishawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here