Muhammadiyah Tetapkan Awal Ramadhan 17 Mei

1034
Keutamaan dan Sejarah Puasa Tasu'a dan Asyura (Foto: Ilustrasi/Istimewa)

Jakarta, Muslim Obsession – Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadan 1439 Hijriyah jatuh pada Kamis, 17 Mei 2018. Itu artinya, warga Muhammadiyah akan berpuasa di bulan Ramadhan pada tanggal tersebut.

Ketetapan tersebut didasarkan pada hasil perhitungan hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Dalam maklumat yang diterima Muslim Obsession, Selasa (13/3/2018), Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan, penetapan soal 1 Ramadan itu agar dapat menjadi panduan bagi warga Muhammadiyah.

Menurutnya, panduan itu penting bagi warga Muhammadiyah untuk menyambut bulan suci Ramadan 1439 Hijriyah dan hari besar lain.

Pada maklumat tersebut juga disebutkan bahwa 1 Syawal atau Idul Fitri 2018 jatuh pada Jumat, 15 Juni. Sementara Idul Adha tanggal 1 Dzulhijah tahun ini jatuh pada Senin, 13 Agustus. Dengan begitu, Hari Arafah atau 9 Dzulhijah bersamaan dengan Selasa, 21 Agustus. Adapun Idul Adha pada 10 Dzulhijah bertepatan dengan Rabu, 22 Agustus. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here